PENERAPAN METODE COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS XA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

ISRO' IYATUL CHASANAH - NIM. 04451075, (2010) PENERAPAN METODE COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS XA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Biologi dengan menerapkan metode Collaborative Teamwork Learning, jumlah siklus yang diperlukan dalam pembelajaran Biologi pokok bahasan jamur siswa kelas XA MAN Godean Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009 hingga menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di MAN Godean Sleman Yogyakarta pada bulan November 2008. Kelas penelitian yang digunakan adalah kelas XA. Penelitian ini menggunakan 2 siklus pembelajaran dengan setiap siklus 1 kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah metode Collaborative Teamwork Learning. Pada siklus I tidak diberlakukan sistem presentasi kelas sedangkan pada siklus II diberlakukan. Untuk mengontrol kerja tim pada saat menyelesaikan LKS di luar jam pelajaran digunakan beberapa instrumen yaitu roster komunikasi, lembar tugas, format jadwal pertemuan, lembar agenda pertemuan, lembar evaluasi pertemuan dan lembar evaluasi akhir keseluruhan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Collaborative Teamwork Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi pokok bahasan jamur siswa kelas XA MAN Godean Sleman Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode Collaborative Teamwork Learning dalam dua siklus telah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif Biologi siswa dengan effect size 1,61.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode, Teamwork, Motivasi, Hasil Belajar.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3393

Actions (login required)

View Item View Item