STRATEGI KONSELING REFRAMING PADA KASUS DISHARMONI KELUARGA DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA YOGYAKARTA

MAYA AMELISA, NIM. 1620310136 (2018) STRATEGI KONSELING REFRAMING PADA KASUS DISHARMONI KELUARGA DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KONSELING REFRAMING PADA KASUS DISHARMONI KELUARGA DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA YOGYAKARTA)
1620310136_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KONSELING REFRAMING PADA KASUS DISHARMONI KELUARGA DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA YOGYAKARTA)
1620310136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Strategi konseling Reframing ini sangat dibutuhkan oleh para keluarga di karenakan banyak keluarga yang belum memahami hakikat dari membina biduk rumah tangga, etika yang seharusnya dipelihara, ditinggalkan seperti tidak adanya rasa saling pengertian dalam keluarga, lingkungan hidup yang buruk dan pola kehidupan yang tidak terkontrol sehinga terjadi perselisihan dalam keluarga. Itu semua tentunya tidak terlepas dari peran konselor dalam membatu memberikan pemahaman atau membingkai pemikiran konseli kearah yang positif, sehingga seseorang terutama perempuan yang mengalami disharmoni dengan suaminya fokus pada potensi dirinya, sehingga tidak berakibat timbulnya depresi kesengsaraan atau penderitaan pada dirinya. Dan strategi konseling reframing ini merupakan salah satu cara dalam memberikan bantuan pada kelurga dalam membangun pola fikir yang baru, demi terciptanya kehidupan keluarga yang tentram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu proses penelitian untuk menghasilkan data penelitian sebagai penjelas mendeskrisikan, baik tertulis maupun tidak tertulis dengan orang-orang yang diteliti. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian adalah pendekatan fenomenologi ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam, memaparkan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan dan fenomena yang diselidiki dalam mengkaji individu-individu. Hasil penelitian ini adalah: bahwa Strategi konseling reframing di lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga yang dilaksanakan pada tiga konseli yang mengalami disharmoni secara fisik, psikis, ekonomi dan seksual pada keluarganya. Pertama, konselor menerapkan teknik reframing dengan cara mengubah sudut pandang klien. Klien yang memiliki sudut pandang masalah diubah menjadi sudut pandang solusi. Kedua, konselor mengubah sudut pandang klien yang memusatkan pada prilaku pasangan yang dianggap bermasalah menjadi sudut pandang tindakan memperbaiki diri sendiri dengan melakukan upaya-upaya positif dan solutif dan yang ketiga, konselor memberi tugas rumah kepada klien sebagai upaya untuk mengubah pola pikir klien agar tidak terfokus pada masalah tetapi fokus pada solusi yang di hadapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Konseling Reframing, Disharmoni keluarga.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Mar 2019 11:51
Last Modified: 19 Mar 2019 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum