MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nuonline_id DIKALANGAN SANTRI AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Mohammad Athoillah, NIM. 14210057 (2018) MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nuonline_id DIKALANGAN SANTRI AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nuonline_id DIKALANGAN SANTRI AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
14210057_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES AKUN INSTAGRAM nuonline_id DIKALANGAN SANTRI AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
14210057_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Instagram merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh pengguna internet saat ini yaitu menempati posisi ke-7 didunia. Salah satu penggunaan instagram sebagai sosial media yaitu sebagai sarana dakwah dan memeberikan informasi dalam hal keislaman. Salah satu penggunaan instagram sebagai sarana dakwah yaitu akun instagram nuonline_id. Akun nuonline_id merupakan akun instagram yang dikelola oleh tim media nuonline.com yang berdiri dibawah pengurus besaar nahdhatul ulama sebagai salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia dengan tujuan untuk menyebarkan pesan – pesan dakwah melalui media sosial kepada masyarakat secara umumnya dan para anggota NU. Peneliti ingin meneliti apakah akun nuonline_id tersebut dapat memeberikan kepuasan jika dilihat dari beberapa motif dari para santri Al-Munawwir dalam mengaksesnya ? Pendekatan use and gratification melihat khalayak atau pengguna media tersebut aktif dan menentukan informasi apa yang diakses sesuai dengan yang dibutuhkan dan khalayak tersebut dianggap aktif memilih media mana yang dia konsumsi. Gratification sought atau motif dan gratification obtained atau kepuasan merupakan dua variabel yang akan di hitung perbandingan skornya dan dilihat adakah kesenjangannya sehingga dapat mengetahui apakah media tersebut dalam hal ini adalah akun instagram nuonline_id dapat memberikan kepuasan kepada khalayaknya atau tidak. Data yang diperoleh dari responden yaitu followers akun instagram nuonline_id dihitung dengan uji t test menggunakan uji perbedaan dua sampel berpasangan. Hasil dari penelitian ini pada motif informasi menunjukkan adanya ketidak puasan dengan kesenjangan yang sangat kecil. Sedangkan untuk motif indentitas diri, interaksi sosial, dan hiburan menunjukkan kepuasan namun juga dengan kesenjangan yang tergolong kecil. Namun secara umum akun nuonline_id belum bisa memeberikan kepuasan kepada followes dan pengaksesnya dengan kesenjangan antara motif dan kepuasan yang sangat kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdur Rozak, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Media Sosial, Instagram, use and gratification
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Mar 2019 10:57
Last Modified: 20 Mar 2019 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum