Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah

Nur Kaukab Ahmad Zaki, NIM. 13240004 (2019) Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah)
13240004_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah)
13240004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah di Indonesia bak jamur yang tumbuh di musim hujan. Permintaan pasar yang tiap tahun selalu meningkat dan persaingan yang cukup ketat membuat banyak pengusaha yang melirik akan bisnis perjalanan religius ini. Sayangnya, dengan ratusan bahkan ribuan pengusaha biro perjalanan ibadah umrah yang ada, masih banyak biro-biro yang belum memiliki izin operasional untuk menjalankan bisnis tersebut sebagaimana yang telah diatur dalam PMA RI Nomor 8 tahun 2018. Alhasil, banyak biro perjalanan ibadah umrah yang dieksekusi oleh pihak berwenang atas kasus – kasus yang diperbuatnya, dengan salah satu kasusnya biro perjalanan umrah yang tidak berizin namun masih tetap memberangkatkan jamaahnya. Sehingga, harus diketahui sejauh mana bentuk implementasi kebijakan PMA RI Nomor 8 Tahun 2018 disalah satu PPIU PT Al Fajr Baladi Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kebijakan PMA RI nomor 8 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah di PT Al Fajr Baladi Indonesia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengimplementasian PMA RI Nomor 8 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang telah dilakukan PT Al Fajr Baladi Indonesia. Metode dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskripif dengan pendekatan kualitatif, dan penulis sebagai human instrument yang berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih infoman sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas temuannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Al Fajr Baladi Indonesia belum sepenuhnya mengimplementasikan kebijakan PMA RI Nomor 8 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan ibadah umrah khususnya pada BAB V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Andy Dermawan, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, PMA RI Nomor 8 Tahun 2018, PPIU
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Mar 2019 15:47
Last Modified: 20 Mar 2019 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum