MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA JAMI’ MLANGI YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PERENCANAAN DAKWAH SENI BUDAYA ISLAM)

Rizqotillah Asfie, NIM. 13240083 (2019) MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA JAMI’ MLANGI YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PERENCANAAN DAKWAH SENI BUDAYA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA JAMI’ MLANGI YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PERENCANAAN DAKWAH SENI BUDAYA ISLAM))
13240083_BAB-1_4-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MASJID PATHOK NEGARA JAMI’ MLANGI YOGYAKARTA (STUDI IMPLEMENTASI PERENCANAAN DAKWAH SENI BUDAYA ISLAM))
13240083_BAB-2_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Masjid Pathok Negara Jami’ Mlangi Yogyakarta dijadikan sebagai lokasi penelitian karna masjid ini merupakan salah satu dari Empat Masjid Pathok Negara milik Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang pengelolaanya diserahkan langsung kepada masyarakat sekitar. Masjid ini juga memiliki keunikan tersendiri dari ke Empat Masjid Pathok Negara yang ada, karna di masjid ini masih melestarikan budaya leluhur sampai sekarang yaitu Khaul Tahun Mbah Kyai Nur Iman Mlangi, Maulid Nabi Muhammad SAW, Tari Kojan dan Kegiatan Ramadhan. Meskipun pengelolaanya secara keseluruhan diserahkan langsung kepada masyarakat sekitar, namun dalam pengelolaanya masjid ini termasuk baik, karna Masjid Pathok Negara Jami’ Mlangi mampu menerapkan manajemen yang ada. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualiatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Ketua Takmir, Ketua Paitia Kegiatan, dan Jemaah Masjid Pathok Negara Jami’ Mlangi Yogyakarta. Sedangkan data skunder bersumber dari dokumen masjid dan buku-buku penunjang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu Kredibilitas, Transferability, Confirmability, Debendability. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif, yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menjabarkanya sehingga hasil penelitian sesuai dengan keadaan yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Perencanaan Dakwah Seni Budaya Islam di Masjid Pathok Negara Jami’ Mlangi Yogyakarta sudah menerapkan Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi. Bentuk pererapanya berupa kepemimpinan yang sadar akan tanggung jawab, adanya hubungan komunikasi yang baik antara pemimpin dan bawahan, motivasi yang diberikan oleh pemimpin kepada bawahan berupa mencari keberkahan dan harus mampu berkerja sesuai dengan tugas masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag,. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, Implementasi dan Perencanaan
Subjects: Manajemen > Aset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2019 10:02
Last Modified: 21 Mar 2019 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum