PELATIHAN RELAKSASI DZIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR BUDHI DHARMA YOGYAKARTA

NADIA DWI KARISNA, NIM. 14710004 (2018) PELATIHAN RELAKSASI DZIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR BUDHI DHARMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN RELAKSASI DZIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR BUDHI DHARMA YOGYAKARTA)
14710004_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN RELAKSASI DZIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR BUDHI DHARMA YOGYAKARTA)
14710004_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Kebahagiaan lansia salah satunya dapat dipengaruhi oleh faktor agama. Partisipasi dalam kegiatan keagamaan juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan kebahagiaan lanjut usia (lansia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relaksasi dzikir dalam meningkatkan kebahagiaan lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar Budhi Dharma Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah pelatihan relaksasi dzikir mampu meningkatkan kebahagiaan lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar Budhi Dharma Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 orang lanjut usia yang berusia antara 61-86 tahun dan memiliki skor kebahagiaan dalam tingkat sedang hingga rendah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang disusun oleh peneliti. Intervensi dalam penelitian ini terdiri dari tiga sesi dengan waktu 60 menit setiap sesinya. Analisis data penelitian menggunakan teknik Wilcoxon Signed Rank untuk menguji perbedaan skor antara pre-test, post-tes dan follow up. Hasil analisis pre-test – post-test menunjukkan nilai p sebesar 0.005 dan follow up menunjukkan nilai p sebesar 0.005 (p0.05). Hasil analisis penelitian ini menujukkan bahwa pelatihan relaksasi dzikir terbukti dapat meningkatkan kebahagiaan lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pihasniwati, M.A., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Relaksasi Dzikir, Kebahagiaan, Lanjut Usia.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Mar 2019 11:00
Last Modified: 21 Mar 2019 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34005

Actions (login required)

View Item View Item