IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA BUDAYA KERJA KARYAWAN DI WAROENG PREKSU JALAN COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

LAELI MARIA ULFAH, NIM. 15240104 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA BUDAYA KERJA KARYAWAN DI WAROENG PREKSU JALAN COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA BUDAYA KERJA KARYAWAN DI WAROENG PREKSU JALAN COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15240104_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKApdf.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA BUDAYA KERJA KARYAWAN DI WAROENG PREKSU JALAN COLOMBO, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15240104_BAB II_BAB III pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (159MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik yang terdapat di Waroeng Preksu Jalan Colombo Yogyakarta tentang implementasi nilai-nilai religiusitas pada budaya kerja karyawan. Implementasi nilai-nilai religiusitas melalui program-program keagamaan di Wareng tersebut menjadi salah satu objek penting terkait dakwah dan budaya kerja adalah salah satu bagian dari manajemen sumber daya manusia sehingga terhubung denga program studi Manajemen Dakwah, khususnya konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jenis penelitian ini merupakan penerlitian kualitatif deksriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah selesai dalam pengumpulan data, dilakukan reduksi, data tersebut disajikan sehingga bisa ditarik kesimpulan dan dapat diverifikasikan secara akurat. Pada penelitian ini, uji keabsahan data meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (relialibilitas) dan confirmability (objektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religiusitas dalam berbagai dimensi yaitu dimensi keyakinan, pengetahuan agama, praktik agama, pengalaman, dan pengamalan maupun dimensi akidah, syariah, dan akhlak di Waroeng Preksu Jalan Colombo Yogyakarta diimplementasikan melalui program-program keagamaan. Program-program keagamaan meliputi dari program tadarus pagi, shalat berjamaah wajib bagi karyawan laki-laki di masjid, program berbagi, kajian rutin setiap Jumat, halaqah tahsin Preksu, dan tabligh akbar setiap pekan akhir bulan. Dalam implementasinya, beberapa program telah berjalan secara maksimal. Namun, dari 6 program tersebut, masih terdapat 1 program yang belum berjalan secara optimal yakni Program Halaqah Tahsin Preksu. Adanya implementasi nilai-nilai religiusitas berdampak pada budaya kerja karyawan yakni secara positif sudah mampu mencapai tujuan dan manfaat budaya kerja. Selain itu, juga berdampak pada dimensi budaya kerja terkait sikap terhadap pekerjaan dan perilaku ketika bekerja yakni menjadi lebih bertanggungjawab dan amanah. Namun, ada juga sedikit dampak yang cenderung kurang baik karena lamanya konsumen/pelanggan dalam menunggu datangnya hidangan ketika break shalat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Muhammad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai religiusitas, budaya kerja, karyawan, Waroeng Preksu Jalan Colombo Yogyakarta.
Subjects: Ketenagakerjaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2019 11:11
Last Modified: 21 Mar 2019 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34006

Actions (login required)

View Item View Item