PERENCANAAN PENDANAAN DI RUMAH IBADAH (STUDI KOMPARASI MASJID JOGOKARIYAN DAN GEREJA KRISTEN JAWA WIROBRAJAN YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017)

Erny Dwi Widiastuti, NIM. 15240090 (2019) PERENCANAAN PENDANAAN DI RUMAH IBADAH (STUDI KOMPARASI MASJID JOGOKARIYAN DAN GEREJA KRISTEN JAWA WIROBRAJAN YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PENDANAAN DI RUMAH IBADAH (STUDI KOMPARASI MASJID JOGOKARIYAN DAN GEREJA KRISTEN JAWA WIROBRAJAN YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017))
15240090 _ BAB-I_IV_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PENDANAAN DI RUMAH IBADAH (STUDI KOMPARASI MASJID JOGOKARIYAN DAN GEREJA KRISTEN JAWA WIROBRAJAN YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017))
15240090_BAB_II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa rumah ibadah, yaitu Masjid dan Gereja. Masjid di Negara Indonesia ini belum memiliki perencanaan yang sama. Karena belum memiliki aturan yang sama se Indonesia. Dalam perencanaannya masih dirumuskan oleh masing-masing Masjid dan itu berbeda-beda aturannya. Rumah ibadah Gereja sudah memiliki aturan tersendiri dan berlaku untuk Gereja yang lain. Dalam pengelolaannya untuk mengembangkan rumah ibadah dibutuhkan perencanaan. Masalah pendanaan merupakan yang terpenting, kunci dari proses kegiatan agar berjalan dengan baik didukung oleh pendanaan yang direncanakan dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing atau verification. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data, uji transferability, uji depenability dan uji komfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendanaan di Masjid Jogokariyan dan Gereja Kristen Jawa Wirobrajan ada 6 tahap-tahap perencanaan pendanaan, Masjid Jogokariyan, yaitu pengumpulan masyarakat, musyawarah rapat kerja, pengambilan keputusan, pencarian dana, alokasi dana dan pelaporan. Sedangkan Gereja Kristen Jawa Wirobrajan, yaitu rapat Majelis, musyawarah rapat jemaat atau sidang Majelis terbuka, pengambilan keputusan, alokasi dana, pencarian dana dan pelaporan. Temuan dari penelitian juga adanya tahap-tahap perencanaan ada 4 tahap. Tahap-tahap perencanaan di Masjid Jogokariyan dan Gereja Kristen Jawa Wirobrajan, dilihat dari menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, serta mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, pendanaan, rumah ibadah Masjid Jogokariyan dan Gereja Kristen Jawa Wirobrajan.
Subjects: Manajemen Dakwah Jurnal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2019 11:32
Last Modified: 21 Mar 2019 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34013

Actions (login required)

View Item View Item