EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018

Az-Zahraty Annur, NIM. 15240014 (2019) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018)
3. 15240014_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018)
2. 15240014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas SISKOHAT di Kantor Kemenag Kota Yogyakarta. Penelitian ini di latarbelakangi atas kesulitan Pemerintah Indonesia dalam mendata jamaah dan korban tragedi Mina. Pada tahun 1950, terjadi peningkatan jumlah jamaah yang menyebabkan terjadi over kuota dan hal itu terjadi hingga saat ini. Begitu pula dengan pendaftar haji di Kota Yogyakarta yang pada tahun 2017 mencapai 956 jamaah haji. Tidak hanya pendaftaran, pembatalan haji juga mengalami masa tunggu dalam pencairan dana. Kedua hal tersebut harus diatasi dengan baik, hingga Kemenag RI mengeluarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) di Pusat maupun Kabupaten/Kota. Keberhasilan Pemerintah dalam penyelenggaraan dan pelayanan haji banyak dipengaruhi oleh kinerja SISKOHAT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: reduksi data, dispay data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah Efektivitas dan Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean. Hasil penelitian ini adalah Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang digunakan oleh Seksi PHU di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta sangat efektif dalam meningkatkan kinerja pelayanan penyelenggaraan ibadah haji khususnya pendaftaran dan pembatalan haji. Sistem ini juga merupakan ruh bagi penyelenggaraan dan pelayanan haji Indonesia. Hal tersebut diuji menggunakan enam faktor keefektifan dan kesuksesan sistem informasi yakni kualitas informasi, kualitas sistem, penggunaan, kepuasan pengguna, dampak individu, dan dampak organisasi. Semua faktor tersebut telah berjalan dengan baik dan saling berkesinambungan satu sama lain, namun belum terdapat SOP sebagai acuan melaksanakan tugas agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, SISKOHAT, Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta.
Subjects: Local Wisdom - Kebijakan Lokal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2019 08:38
Last Modified: 21 Mar 2019 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34028

Actions (login required)

View Item View Item