EPISTEMOLOGI TAFSIR INDONESIA (Studi Penafsiran Quraish Shihab, Buya Hamka dan Husein Muhammad tentang Homoseksualitas pada Ayat-Ayat mengenai Kisah Kaum Nabi Luth)

SITI ZAKIYATUL HUMAIROH, NIM. 1620511020 (2018) EPISTEMOLOGI TAFSIR INDONESIA (Studi Penafsiran Quraish Shihab, Buya Hamka dan Husein Muhammad tentang Homoseksualitas pada Ayat-Ayat mengenai Kisah Kaum Nabi Luth). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EPISTEMOLOGI TAFSIR INDONESIA (Studi Penafsiran Quraish Shihab, Buya Hamka dan Husein Muhammad tentang Homoseksualitas pada Ayat-Ayat mengenai Kisah Kaum Nabi Luth))
1620511020_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EPISTEMOLOGI TAFSIR INDONESIA (Studi Penafsiran Quraish Shihab, Buya Hamka dan Husein Muhammad tentang Homoseksualitas pada Ayat-Ayat mengenai Kisah Kaum Nabi Luth))
1620511020_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Homoseksualitas merupakan sebuah fenomena yang terjadi di masyarakat. Isu homoseksualitas ini menimbulkan banyak pertentangan di kalangan ulama-ulama Indonesia. Quraish Shihab dan Hamka merupaka dua tokoh ulama tafsir yang tidak mengamini adanya kaum homoseksualitas, dan tafsir mereka berdua muncul pada era yang berbeda. Meskipun memiliki persamaan dalam hasil penafsiran tentang homoseksualitas yang dikaitkan dengan kisah kaum Nabi Luth, tetapi mereka memiliki struktur epistemologi yang sedikit berbeda. Sedangkan Husein Muhammad, seorang tokoh feminis laki-laki yang cukup peka terhadap isu-isu gender, memiliki penafsiran dan struktrur epistemologis yang berbeda mengenai homoseksualitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber primer berupa Tafsir al-Misbah milik Quraish Shihab, al-Azhar milik Hamka dan penafsiran Husein Muhammad tentang isu homoseksualitas dalam Fiqh Seksualitas. Sumber sekundernya berupa buku-buku atau penelitian-penelitian yang mendukung dalam kajian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan, yaitu mengkaji secara langsung hasil-hasil penafsiran dari Quraish Shihab, Hamka dan Husein Muhammad. Penelitian ini menggunakan teori epistemologis secara umum dan epistemologi yang digagas oleh Abid Aljabiri serta tipologi epistemologi dari penafsiran tiga penafsir tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber penafsiran Quraish Shihab dan Hamka sama-sama berasal dari teks dan rasio, yang lebih dominan pada sumber teks baik dari al-Qur‟ān, hadis maupun pendapat-pendapat ulama terdahulu. Meskipun mereka berasal dari era yang berbeda tetapi mereka menggunakan struktur epistemologis penafsiran yang hampir sama, yang membedakan adalah pada sumber penafsiran milik Quraish Shihab yang banyak mengedepankan linguistik. Sedangkan Husein Muhammad berorientasi pada sumber penafsiran ra’yi dengan metode induktif atau dalam kajian tafsir disebut metode tematik. Sedangkan metode yang digunakan oleh Quraish Shihab dan Hamka adalah metode tahlīlī. dan validitas kebenarannya dilihat dari kebenaran koherensi dan pragmatis. Hasil penafsiran dari Quraish Shihab dan Hamka menunjukkan bahwa perbuatan kaum Nabi Luth sama dengan homoseksual yang terjadi saat ini, sedangkan Husein Muhammad mengatakan bahwa homoseksual berbeda dengan liwāṭ. Liwāṭ yang dalam pengertian Husein Muhammad adalah melakukan hubungan seksual melalui dubur, dan hal ini juga bisa dilakukan oleh kaum heteroseksual, yang dilarang oleh Allah pada saat itu adalah hubungan seksual yang dilakukan dengan cara tidak wajar yaitu melalui duburnya, bukan orientasi seksual sesama jenisnya. Oleh karena itu, Husein Muhammad mengatakan bahwa homoseksual berbeda dengan liwāṭ. Kata Kunci : Homoseksualitas, Epistemologi, Tafsir Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, M. Hum., MA
Uncontrolled Keywords: Homoseksualitas, Epistemologi, Tafsir Indonesia
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:04
Last Modified: 05 Apr 2019 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum