KDRT, AGAMA, DAN STRATEGI KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL Studi Kasus LSM Rifka Annisa Women’s Crisis Center

Khoirun Ni’mah, S.Kom.I, NIM. 1620011024 (2018) KDRT, AGAMA, DAN STRATEGI KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL Studi Kasus LSM Rifka Annisa Women’s Crisis Center. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KDRT, AGAMA, DAN STRATEGI KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL Studi Kasus LSM Rifka Annisa Women’s Crisis Center)
1620011024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KDRT, AGAMA, DAN STRATEGI KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL Studi Kasus LSM Rifka Annisa Women’s Crisis Center)
1620011024_BAB-II_sampai_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan di Indonesia, mendorong Rifka Annisa untuk melakukan kerja-kerja pencegahan dan penanganan kekerasan. Salah satu strategi yang dikembangkan oleh Rifka Annisa untuk menurunkan angka kekerasan dalam rumah tangga adalah dengan menjalankan program Komunikasi Perubahan Perilaku Sosial (KPPS). Program KPPS merupakan strategi baru yang sedang diterapkan Rifka Annisa, dengan melakukan intervensi pada kelompok rentan menjadi pelaku, sebagai langkah penting dalam upaya pencegahan kekerasan dalam lingkup rumah tangga. Dalam hal ini penulis berargumen bahwa kekerasan pada perempuan dalam hubungan pernikahan bukanlah peristiwa kasuistik, melainkan persoalan umum yang dapat terjadi pada perempuan manapun. Sehingga, menyusun strategi komunikasi untuk perubahan perilaku sosial pada kelompok rentan menjadi pelaku merupakan langkah penting dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan. Penelitian kualitatif ini dilakukan pada rentang waktu Januari sampai dengan Agustus 2018 dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan interview, focus group discussion (FGD), observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi perubahan perilaku yang diterapkan oleh Rifka Annisa untuk pencegahan KDRT terdiri dari tiga aspek penting, yakni perencanaan komunikasi yang menjadi bagian analisis situasi, pengelolaan komunikasi yang sedang berlangsung, dan pemilihan saluran komunikasi yang efektif dan efisien menjangkau kelompok sasaran. Selain itu, strategi KPPS dalam hal ini menjadi suatu rumusan untuk menemukenali perilaku yang dimungkinkan, dan cara untuk memotivasi dan mendukung/mendorong orang-orang untuk melakukan perilaku tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, S.S., MA,
Uncontrolled Keywords: KDRT, Agama, Strategi Komunikasi, dan Perubahan Perilaku Sosial
Subjects: Studi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Mar 2019 06:21
Last Modified: 23 Mar 2019 06:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item