PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN BURNER PADA TUNGKU PELEBURAN ALUMUNIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus di UMKM Tajusa Drumband Yogyakarta)

Tri Shella, NIM. 14660004 (2018) PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN BURNER PADA TUNGKU PELEBURAN ALUMUNIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus di UMKM Tajusa Drumband Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN BURNER PADA TUNGKU PELEBURAN ALUMUNIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus di UMKM Tajusa Drumband Yogyakarta))
14660004_BAB-I_BAB_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN BURNER PADA TUNGKU PELEBURAN ALUMUNIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus di UMKM Tajusa Drumband Yogyakarta))
14660004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

UMKM Tajus Drumband merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang logam di Yogyakarta. UMKM Tajusa Drumband memiliki salah satu kendala atau permasalahan terhadap pemeliharaan mesin, dimana perusahaan kurang memperhatikan akan pentingnya pemeliharaan dari mesin produksinya terutama pada mesin pada tungku peleburan dimana mesin tersebut merupakan mesin utama dalam kelancaran proses produksi dan apabila terjadi kerusakan di UMKM Tajusa Drumband maka proses produksi harus dihentikan untuk sementara waktu dan melakukan perbaikan mesin yang mengalami kerusakan sehingga downtime pada mesin cukup tinggi dan biaya pemeliharaan yang dikeluarkan tidak optimal. Dengan adanya masalah tersebut maka akan dilakukan perencanaan pemeliharaan mesin produksi menggunakan metode Markov Chain dengan tujuan agar dapat meminimalkan biaya dan didapatkan biaya pemeliharaan yang paling optimal terhadap mesin pada tungku peleburan. Dari hasil penelitian diperoleh penghematan terhadap mesin pada tungku peleburan yang didapatkan oleh perusahaan yaitu sebesar 33,92% atau sebesar Rp. 150,045 perbulan, dengan metode markov chain pada usulan ketig yaitu pemeliharaan korektif pada status 4 dan pemeliharaan pencegahan pada status 2 dan 3. Dan pemeliharaan yang optimal didapatkan ketika perusahaan melakukan penjadwalan pemeliharaan mesin pada tungku peleburan yaitu dalam jangka waktu 6,12 hari atau 6 hari. Kata Kunci : Markov Chain, Perencanaan Pemeliharaan, Downtime, Biaya Pemeliharaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Markov Chain, Perencanaan Pemeliharaan, Downtime, Biaya Pemeliharaan
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:05
Last Modified: 05 Apr 2019 02:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34088

Actions (login required)

View Item View Item