PENGARUH PENGGUNAAN SILASE LIMBAH SAYURAN PASAR DAN GEDEBOK PISANG SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN KELINCI NEW ZEALAND

DHENY KURNI AMRULLOH, NIM. 12640008 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN SILASE LIMBAH SAYURAN PASAR DAN GEDEBOK PISANG SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN KELINCI NEW ZEALAND. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN SILASE LIMBAH SAYURAN PASAR DAN GEDEBOK PISANG SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN KELINCI NEW ZEALAND)
12640008_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN SILASE LIMBAH SAYURAN PASAR DAN GEDEBOK PISANG SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN KELINCI NEW ZEALAND)
12640008_BAB II_SD_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kelinci merupakan salah satu komoditas peternakan penghasil daging yang potensial untuk dikembangkan. Masalah utama dalam pemeliharaan kelinci adalah ketersediaan jumlah pakan dan pemenuhan nutrisi kelinci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggantian konsentrat dengan silase limbah sayuran pasar dan gedebok pisang, mengetahui pengaruh penggantian pakan huijauan dengan limbah sayuran pasar dan gedebok pisang, dan mengetahui formulasi pakan yang paling efektif untuk pertumbuhan kelinci New Zealand. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan kontrol (P0, P1, P2, P3, dan P4), setiap perlakuan diulang tiga kali dan tiap ulangan berisi 1 ekor kelinci New Zealand jantan. Ransum kontrol yang diberikan berupa hijauan (rumput lapangan) dan Konsentrat (BR1) dengan perbandingan volume 60 : 40.Parameter yang diamati antara lain adalah tingkat konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, dan pertambahan panjang badan kelinci.Hasil penelitian menunjukkan bahwa antar perlakuan memiliki pengaruh nyata terhadap tingkat konsumsi pakan dan pertambahan bobot badan kelinci (P<0,05), namun tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan panjang badan kelinci (P>0,05). Pemberian silase limbah sayuran pasar sebesar 40% yang dikombinasikan dengan hijauan 40% mampu meningkatkan pertambahan bobot badan kelinci yang signifikan dan memiliki pertumbuhan yang paling efektif. Pemberian limbah sayuran pasar lebih unggul dibandingkan dengan pemberian konsentrat, limbah gedebik pisang, dan hijauan. Penelitian ini disimpulkan bahwa pemberian limbah sayuran pasar mampu menggantikan konsentrat dan pakan hijauan sebagai pakan yang baik untuk pertumbuhan kelinci New Zealand selama penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Najda Rifqiyati, S.Si, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kelinci New Zealand, gedebok pisang, limbah sayuran pasar, pertumbuhan, silase
Subjects: Biologi
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:25
Last Modified: 25 Mar 2019 02:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34092

Actions (login required)

View Item View Item