PENGARUH PUPUK CAIR BERBAHAN DASAR SAMPAH SAYU PASAR DAN KOTORAN KAMBING SEBAGAI NUTRISI ALTERNATIF PADA KAILAN (BRASSICA OLERACEA) SECARA HIDROPONIK RAKIT APUNG

OKTAVIA SUSWYANTI, NIM. 14640001 (2018) PENGARUH PUPUK CAIR BERBAHAN DASAR SAMPAH SAYU PASAR DAN KOTORAN KAMBING SEBAGAI NUTRISI ALTERNATIF PADA KAILAN (BRASSICA OLERACEA) SECARA HIDROPONIK RAKIT APUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (PENGARUH PUPUK CAIR BERBAHAN DASAR SAMPAH SAYU PASAR DAN KOTORAN KAMBING SEBAGAI NUTRISI ALTERNATIF PADA KAILAN (BRASSICA OLERACEA) SECARA HIDROPONIK RAKIT APUNG)
14640001_BAB I, V, DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Other (PENGARUH PUPUK CAIR BERBAHAN DASAR SAMPAH SAYU PASAR DAN KOTORAN KAMBING SEBAGAI NUTRISI ALTERNATIF PADA KAILAN (BRASSICA OLERACEA) SECARA HIDROPONIK RAKIT APUNG)
14640001_BAB II, III, IV.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan lahan pertanian beralih fungsi menjadi pemukiman. Berkurangnya lahan pertanian dapat diatasi dengan teknologi hidroponik yang tidak memerlukan lahan luas. Budidaya sistem hidroponik masih menimbulkan masalah dari segi biaya dan ketersediaan jenis nutrisi di pasaran. Oleh karena itu, perlu adanya nutrisi alternatif yang dapat menekan biaya produksi. Bahan organik seperti sampah sayuran dan kotoran kambing dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan nutrisi alternatif untuk hidroponik karena selain mudah didapatkan juga dapat mengatasi penanganan sampah. Budidaya hidroponik dapat digunakan untuk jenis tanaman sayuran hijau, salah satunya kailan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nutrisi alternatif dari pupuk cair berbahan dasar sampah sayur pasar dan kotoran kambing terhadap pertumbuhan tanaman kailan serta formulasi nutrisi yang menghasilkan pertumbuhan paling baik pada tanaman kailan. Pembuatan nutrisi alternatif dilakukan dengan cara fermentasi yang mencampurkan dua bahan dasar dengan variasi 3 kosentrasi, yaitu: K1 (5 L:5 L), K2 (3,3 L: 6,6, L), dan K3 (6,6 L: 3,3 L). Hasil terbaik untuk pertumbuhan kailan dari ketiga perlakuan POC adalah pada perlakuan 1:1. Terjadi perbedaan nyata antara ketiga perlakuan POC dengan AB Mix. Kandungan hara dalam POC yang tidak sekompleks AB Mix mengakibatkan pertumbuhan kailan tidak optimal. Adanya perbedaan konsentrasi larutan antara perlakuan POC dan AB Mix juga menyebabkan kailan pada perlakuan POC tidak mendapatkan hara yang cukup untuk pertumbuhan, sehingga perlakuan POC belum dapat digunakan sebagai pengganti AB Mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhamad Wisnu, M.Biotech,
Uncontrolled Keywords: hidroponik, nutrisi alternatif, sampah organik, kailan (Brassica oleracea)
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Mar 2019 11:16
Last Modified: 25 Mar 2019 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum