PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL- KALAM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Amanatul Wahidah, NIM: 14420024 (2018) PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL- KALAM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL- KALAM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14420042_BAB-I_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL- KALAM PADA SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14420042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TEAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan alat utama bagi peserta didik untuk bisa mempelajari ilmu-ilmu serta kebudayaan Islam. Akan tetapi, masih banyak sekali permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab, Khususnya pada masalah metode dan strategi yang digunakan untuk mengajarkan empat mahārah (keterampilan) yang terdapat dalam pelajaran Bahasa Arab. Hal tersebut yang sangat berpengaruh terhadap hasil prestasi siswa. Permasalahan inilah yang mengisnspirasi penulis untuk mengadakan eksperimentasi strategi sosiodrama dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi sosiodrama dan seberapa besar peningkatan tersebut khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab yang mempunyai beberapa maharah sebagai kompetensi dasarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana subjek penelitiannya adalah siswa MAN 3 Bantul. Dari populasi disekolah yang diteliti diambil dua kelompok homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas XI Agama 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Agama II sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Thitung= -4,503 < Ttabel = 2,037(Ha diterima) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok Kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji T nilai Pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Thitung = 13,348 < Ttabel= 2,035 (Ha diterima), yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Kata Kunci: Strategi, Sosiodrama, Maharah Al-Kalām

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Sosiodrama, Maharah Al-Kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:34
Last Modified: 16 Apr 2019 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum