STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AKTIVITAS DALAM PENGUASAAN MUFRADĀT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Fikriatun Najihah, NIM. 14420065 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AKTIVITAS DALAM PENGUASAAN MUFRADĀT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AKTIVITAS DALAM PENGUASAAN MUFRADĀT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AKTIVITAS DALAM PENGUASAAN MUFRADĀT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dan kelebihan serta kekurangan strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis aktivitas dalam penguasaan mufradāt di kelas VII MTsN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) dengan lokasi penelitian di MTsN 1 Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, teknik display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan dua teknik, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis aktivitas dalam penguasaan mufradāt di kelas VII MTsN 1 Yogyakarta terdiri dari dua tahap, yakni tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan terdapat tiga tahap, yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dalam tahap kegiatan inti, aktivitas yang dilakukan siswa berupa mendengarkan dan menirukan, membaca ulang kosakata, dan yang terakhir ayo bernyanyi. 2) Kelebihan dari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis aktivitas dalam penguasaan mufradāt di kelas VII MTsN 1 Yogyakarta ialah ada keseimbangan antara aktivitas fisik, mental, emosional juga aktivitas intelektual siswa, pembelajaran menjadi menyenangkan, menarik, lebih bervarisai, komunikasi selama pembelajaran berlangsung antara guru dan siswa tidak kaku, serta meninggalkan kesan yang berarti di dalam hati para siswa, siswa lebih mudah dalam memahami materi terkait mufradāt yang diajarkan dan guru menjadi lebih mudah untuk mengajarkannya kepada mereka, kegiatan pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan mufradāt menjadi lebih efektif dan efisien, serta anggapan awal bahwa mata pelajaran bahasa Arab mengerikan dan sulit, sedikit demi sedikit anggapan tersebut menjadi berkurang. 3) Kekurangan: pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan mufradāt dengan strategi tersebut tidak bisa bergantung pada satu media pembelajaran saja, pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan mufradāt menjadi kurang optimal sebab dari kurang maksimalnya perawatan fasilitas sekolah, belum memiliki laboratorium khusus pengembangan bahasa Arab, belum terbentuknya lingkungan bahasa Arab yang baik di sekolah, dan pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan mufradāt menjadi sedikit terganggu sebab beberapa siswa yang pasif dan masih malu-malu untuk mengikuti kegiatan belajar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Berbasis Aktivitas, Mufradāt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Berbasis Aktivitas, Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:35
Last Modified: 16 Apr 2019 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34131

Actions (login required)

View Item View Item