POTENSI TANAMAN RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) SEBAGAI AGEN FITOREMEDIASI TERHADAP HERBISIDA GLIFOSAT (ORGANOFOSFAT)

RETNO HARYANTI, NIM. 11640048 (2018) POTENSI TANAMAN RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) SEBAGAI AGEN FITOREMEDIASI TERHADAP HERBISIDA GLIFOSAT (ORGANOFOSFAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTENSI TANAMAN RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) SEBAGAI AGEN FITOREMEDIASI TERHADAP HERBISIDA GLIFOSAT (ORGANOFOSFAT))
11640048_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POTENSI TANAMAN RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) SEBAGAI AGEN FITOREMEDIASI TERHADAP HERBISIDA GLIFOSAT (ORGANOFOSFAT))
11640048_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Residu pestisida, contohnya herbisida glifosat merupakan salah satu kontaminan yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Fitoremediasi merupakan salah satu metode terbarukan dan ramah lingkungan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah lingkungan. Penelitian ini menggunakan tanaman rumput gajah (Pennisetum purpureum Schaum.), yaitu salah satu jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai hiperakumulator. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi tanaman rumput gajah (Pennisetum purpureum Schaum.) dalam remediasi herbisida glifosat pada tanah yang dikaji berdasarkan karakter morfologi tanaman (jumlah daun, panjang daun, panjang pelepah daun, panjang akar) dan parameter lingkungan (pH dan suhu). Konsentrasi herbisida glifosat yang digunakan pada penelitian ini adalah 0,011%; 0,016%; 0,021%; dan 0,026%. Masing-masing perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa herbisida glifosat berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput gajah. Pada konsentrasi herbisida glifosat 0,011% rumput gajah masih dapat tumbuh dan memiliki karakter morfologi yang tidak berbeda nyata dengan kontrol. Konsentrasi herbisida glifosat yang dijumpai paling mempengaruhi pertumbuhan rumput gajah adalah pada konsentrasi herbisida glifosat 0,026%. Rumput gajah diduga memiliki potensi sebagai fitoremediator terhadap pencemaran glifosat, ditunjukkan pada media dengan variasi konsentrasi herbisida glifosat dengan tanaman rumput gajah, pH tanahnya lebih tinggi dibandingkan dengan pH tanah pada media dengan variasi konsentrasi herbisida glifosat yang tidak ditanami tanaman rumput gajah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Jumailatus Solihah, M.Biotech
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Herbisida glifosat, Rumput gajah (Pennisetum purpureum Schaum.)
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Mar 2019 08:40
Last Modified: 25 Mar 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34132

Actions (login required)

View Item View Item