PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF AWAL (IKAL) SISWA BERBASIS JOYFULL TEST MENGGUNAKAN GAME “GENJOT SPLASH”

ISTIANAH KHOIRIYAH, NIN. 14670012 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF AWAL (IKAL) SISWA BERBASIS JOYFULL TEST MENGGUNAKAN GAME “GENJOT SPLASH”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF AWAL (IKAL) SISWA BERBASIS JOYFULL TEST MENGGUNAKAN GAME “GENJOT SPLASH”)
14670012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOGNITIF AWAL (IKAL) SISWA BERBASIS JOYFULL TEST MENGGUNAKAN GAME “GENJOT SPLASH”)
14670012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Joyfull test merupakan suatu alat pengukuran atau penilaian yang berupa serangkaian tugas baik berupa pertanyaan-pertanyaan (yang harus dijawab) atau perintah-perintah (yang harus dikerjakan) dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dan menumbuhkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini mengembangkan instrumen tes identifikasi kemampuan kognitif awal (IKAL) siswa berbasis joyfull test, menguji kualitas game “genjot splash”, dan menganalisis respon pengguna terhadap game “genjot splash”. Instrumen tes identifikasi kemampuan kognitif awal (IKAL) siswa dikembangkan dengan konsep joyfull test melalui serangkaian tahapan salah satunya yaitu uji validitas empiris. Metode yang digunakan dalam uji validitas empiris yaitu dengan melakukan uji coba kepada 15 siswa SMP/MTs dengan menggunakan instrumen lembar soal sehingga menghasilkan data uji empiris yang dianalisis menggunakan software Annates V4. Uji kualitas game “genjot splash” dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menggunakan metode expert judgement dan instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian kualitas ahli, sehingga menghasilkan data penilaian kualitas yang dianalisis dengan mengubah data kualitatif (huruf) menjadi data kuantitatif (skor). Sedangkan analisis respon pengguna dilakukan oleh guru IPA dan siswa SMP/MTs metode yang dilakukan yaitu angket dengan menggunakan instrumen lembar respon sehingga menghasilkan data respon yang dianalisis dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil pengembangan berupa game “genjot splash” sebagai instrumen tes identifikasi kemampuan kognitif awal (IKAL) dengan karakteristik joyfull test memiliki nilai koefisien reliabilitas 0,79 dengan kategori instrumen tes valid dan reliabel. Penilaian kualitas game “genjot splash” mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan ahli materi sebesar 96,7% dan ahli media sebesar 92,3%. Berdasarkan analisis respon pengguna mendapatkan respon Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata dari guru IPA sebesar 71 (X) dalam rentang X > 67,2 dan respon siswa SMP/MTs didapatkan nilai skor rata-rata 48,5 (X) dalam rentang X > 46,2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen tes IKAL, joyfull test, game, genjot splash
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:07
Last Modified: 26 Mar 2019 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum