PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA TROPICAL MATERIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK KOLOID

MARINI, NIM. 14670020 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA TROPICAL MATERIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA TROPICAL MATERIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK KOLOID)
14670020_BAB- I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA TROPICAL MATERIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI PADA MATERI POKOK KOLOID)
14670020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Tropical material atau bahan tropis merupakan potensi keanekaragaman dan kekayaan alami di daerah tropis yang dikemas dalam prespektif kimia koloid, sebagai sumber belajar mandiri peserta didik. Tujuan penelitian ini mengembangkan buku pengayaan Kimia Tropical Material sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMA/MA kelas XI pada materi pokok koloid, menguji kualitas buku pengayaan Kimia Tropical Material, menganalisis respon peserta didik terhadap buku pengayaan Kimia Tropical Material. Pengembangan buku pengayaan Kimia Tropical Material ini mengadaptasi dari model 4-D yang meliputi 4 tahap yakni: (1) Define (definisi), (2) Design (desain), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebarluasan), akan tetapi peneliti hanya sampai pada tahap Develop atau sampai 3-D tanpa ada Disseminate . Produk buku pengayaan Kimia Tropical Material ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, tiga reviewer (pendidik kimia) dan direspon sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kualitas produk berupa skala lima yang terdiri dari lima aspek. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon peserta didik berupa lembar angket skala guttman yang terdiri dari empat aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kualitas buku pengayaan Kimia Tropical Material dari ahli materi mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 74,6%. Penilaian dari ahli media mendapat kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 93,3%. Sedangkan penilaian dari tiga reviewer (pendidik kimia) mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 83,4%. Dan menurut respon sepuluh peserta didik mendapatkan persentase keidealan 94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku pengayaan siswa, tropical material, sumber belajar mandiri, koloid
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:57
Last Modified: 26 Mar 2019 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34146

Actions (login required)

View Item View Item