PERBANDINGAN STRUTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN IKAN HIU (CARCHARINUS SORRAH MULLER & HENLE, 1839) DAN IKAN PARI (HIMANTURA GERARDI GRAY, 1851)

ULFARICHA CAHYA HAPPYALITA, NIM. 13640005 (2018) PERBANDINGAN STRUTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN IKAN HIU (CARCHARINUS SORRAH MULLER & HENLE, 1839) DAN IKAN PARI (HIMANTURA GERARDI GRAY, 1851). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN STRUTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN IKAN HIU (CARCHARINUS SORRAH MULLER & HENLE, 1839) DAN IKAN PARI (HIMANTURA GERARDI GRAY, 1851))
13640005_BAB 1_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN STRUTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN PENCERNAAN IKAN HIU (CARCHARINUS SORRAH MULLER & HENLE, 1839) DAN IKAN PARI (HIMANTURA GERARDI GRAY, 1851))
13640005_BAB-II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ikan hiu (Carcharhinus sorrah) dan ikan pari (Himantura gerardi) merupakan angora dari subkelas Elasmobranchii yang memiliki bentuk morfologi ang sangat berbeda. Ikan hiu (Carcharhinus sorrah) berbentuk torpedoit sedangkan ikan pari (Himantura gerardi) berbentukk botoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan struktur organ pencernaan ikan hiu (Carcharhinus sorrah) dan ikan pari (Himantura gerardi). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengamatan secara makroskopis dan mikroskopis pada organ pencernaan ikan hiu (Carcharhinus sorrah) dan ikan pari (Himantura gerardi). Pengamatan secara makroskopis dilakukan dengan cara melihat bentuk, strukktur, dan melakukan analisis pada foto organ. Pengamatan mikroskopis dilakukan dengan cara membuat preparat organ dengan metode paraffin, menggunakkan pewarnaan hematoksilin-eosin kemudian diamati menggunakan mikroskop. Organ pencernaan ikan hiu (Carcharhinus sorrah) dan ikan pari (Himantura gerardi) yang diamati yaitu lambung, usus dan hati. Secara makroskopis, ikan hiu (Carcharhinus sorrah) dan ikan pari (Himantura gerardi) memiliki perbedaan ukuran dimana organ pencernaan ikan hiu (Carcharhinus sorrah) lebih panjang dibandingkan dengan ikan pari (Himantura gerardi). Secara mikroskopis, ikan hiu (Carcharhinus sorrah) dan ikan pari (Himantura gerardi) memiliki struktur histologi yang sama yang membedakan hanya ketebalan lapisan. Secara anatomi kedua ikan tersebut memiliki bentuk, warna ukuran yang berbeda, secara histologi lapisan penususnnya sama namun ketebalan lapisan dan bentuk nya berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ja’far Luthfi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anatomi, ikan hiu (Carcharhinus sorrah), ikan pari (Himantura gerardi), histologi, organ pencernaan.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:18
Last Modified: 26 Mar 2019 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum