PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN UROPOETIK IKAN PATIN (PANGASIUS HYPOPHTALMUS) DAN IKAN HIU (CARCHARHINUS SORRAH)

ZAKIA DARAJAT, NIM. 13640009 (2018) PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN UROPOETIK IKAN PATIN (PANGASIUS HYPOPHTALMUS) DAN IKAN HIU (CARCHARHINUS SORRAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN UROPOETIK IKAN PATIN (PANGASIUS HYPOPHTALMUS) DAN IKAN HIU (CARCHARHINUS SORRAH))
13640009_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA_CV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN UROPOETIK IKAN PATIN (PANGASIUS HYPOPHTALMUS) DAN IKAN HIU (CARCHARHINUS SORRAH))
13640009_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus) dan ikan Hiu (Carcharhinus sorrah) merupakan jenis ikan yang mempunyai habitat yang berbeda. Ikan patin merupakan ikan air tawar, sedangkan ikan hiu merupakan ikan air laut. Proses osmoregulasi ikan air tawar dan air laut berbeda. Osmoregulasi ikan air tawar bersifat hipertonik, sedangkan osmoregulasi ikan air laut bersifat hipotonik. Tujuan dari penelitian ini mengetahui perbandingan anatomi dan histologi organ uropoetik antara ikan air laut (ikan hiu) dan ikan air tawar (ikan patin). Penelitian ini menggunakan teknik bedah pada pengamatan aspek anatomi dan pembuatan preparat histologi menggunakan metode parafin dengan pewarnaan Hematoxylin- Eosin. Hasil penelitian menunjukkan secara anatomi, organ ginjal ikan patin dan ikan hiu memiliki struktur yang sama yaitu memiliki kepala, badan dan ekor. Segi morfometri, ginjal ikan patin (6,77 g) lebih berat dibandingkan ikan hiu (3,67 g). Pada organ ductus mesonefridicus ikan hiu (5,5 cm) memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan ikan patin (1,2 cm), sedangkan secara histologi organ ginjal dan ductus mesonefridicus ikan patin dan ikan hiu memiliki struktur histologi yang sama, namun berbeda dalam segi histomorfometri. Diameter glomerulus ikan patin (109,7 μm) lebih besar dibandingkan diameter glomerulus ikan hiu (67,83 μm).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ja’far Luthfi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Histologi, Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus), Ikan Hiu (Carcharhinus sorrah), Organ Uropoetik.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:30
Last Modified: 26 Mar 2019 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum