PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA\MA KELAS X

SITI JAMILAH, NIM. 14670029 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA\MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA\MA KELAS X)
14670029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA\MA KELAS X)
14670029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengembangkan buku panduan pendidik dalam menjelaskan proses pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku panduan pendidik berorientasi Chemo- Entrepreneurship (CEP) pada materi Ikatan Kimia serta menganalisis kualitas dan respon pendidik terhadap buku panduan pendidik. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model 4-D menjadi 3-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (uji coba), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, divalidasi oleh tiga peer reviewer, divalidasi dan dilakukan penilaian kualitas oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga ahli pendidikan serta direspon oleh empat pendidik kimia. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert dan respon pendidik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku panduan pendidik berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) berupa media cetak berukuran B5, terdapat materi Ikatan Kimia yang berkaitan dengan kewirausahaan dan terdiri dari pendahuluan, kompetensi pembelajaran, skenario pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kualitas buku panduan pendidik dari ahli materi 77,22% dengan kategori Baik (B), ahli media 86,11% dengan kategori Sangat Baik (SB), pendidik kimia 86,11% dengan kategori Sangat Baik (SB). Buku panduan pendidik direspon positif dengan persentase sebesar 92,36%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Buku Panduan Pendidik, Chemo- Entrepreneurship, Ikatan Kimia
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Mar 2019 04:20
Last Modified: 26 Mar 2019 04:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34158

Actions (login required)

View Item View Item