PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK “EDUKLOK CHEMISTRY” BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDONESIA SKRIPSI

SEPTIANA HANIF TRI ARMANANTI, NIM. 14670037 (2018) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK “EDUKLOK CHEMISTRY” BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDONESIA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK “EDUKLOK CHEMISTRY” BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDONESIA SKRIPSI)
14670037_BAB-I_IV-atau-BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK “EDUKLOK CHEMISTRY” BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDONESIA SKRIPSI)
14670037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan berkembang seiring berkembangnya sejarah manusia. Dalam perkembangannya, ilmu pengetahuan dikekalkan dan diwariskan dari generasi ke generasi dalam bentuk budaya, seni, ketrampilan kuliner, tradisi pengobatan dan lain sebagainya. Pada masa lalu, penyebaran ilmu pengetahuan masih sangat eksklusif hanya pada kalangan pendeta dan bangsawan, keraton, dan golongan terpelajar sehingga aksesibilitas masyarakat umum terhadap ilmu pengetahuan sangat terbatas. Adanya gap budaya/cultural gap antar generasi memungkinkan musnahnya warisan pengetahuan dari generasi terdahulu. Diperlukan sebuah media yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mendesiminasikan warisan pengetahuan dan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dalam bentuk game edukasi yang memuat konten kearifan lokal seni budaya, kuliner dan kesehatan dikemas dalam permainan ular tangga. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kualitas dan menganalisis persepsi pengguna terhadap produk game “Eduklok Chemistry” yang dikembangkan. Pengembangan game edukasi tematik “Eduklok Chemistry” berbasis kearifan lokal Indonesia dikembangkan dengan mengadaptasi model ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development). Kualitas produk yang dikembangkan diuji dengan metode expert judgement menggunakan instrumen penilaian ahli untuk mendapatkan skor kualitas. Kajian persepsi pengguna terhadap produk dilakukan dengan metode analisis respon pengguna untuk mengkaji persepsi pengguna berupa data persepsi pengguna. Telah dikembangkan game edukasi tematik berbasis kearifan lokal Indonesia bernama “Eduklok Chemistry” sebagai media berbagi pengetahuan atau sharing knowledge kearifan lokal seni budaya, kesehatan dan kuliner dalam perspektif ilmu kimia. Berdasarkan hasil uji kulitas oleh ahli materi bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 100%. Hasil uji kualitas oleh ahli media terhadap produk yang dikembangkan masuk dalam kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 76,92%. Sedangkan, hasil kajian persepsi pengguna menunjukan bahwa sebagian besar pengguna merespon Sangat Baik (SB) game edukasi “Eduklok Chemistry” dengan skor rata-rata 106,53.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: eduklok chemistry, kearifan lokal, sharing knowledge, game edukasi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Mar 2019 11:34
Last Modified: 26 Mar 2019 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum