TOKSISITAS LIMBAH CAIR BATIK TERHADAP MORTALITAS DAN MORFOLOGI SISIK IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN LAMA PEMAPARAN

SRI HANDAYANI, NIM. 13640030 (2018) TOKSISITAS LIMBAH CAIR BATIK TERHADAP MORTALITAS DAN MORFOLOGI SISIK IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN LAMA PEMAPARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TOKSISITAS LIMBAH CAIR BATIK TERHADAP MORTALITAS DAN MORFOLOGI SISIK IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN LAMA PEMAPARAN)
13640030_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TOKSISITAS LIMBAH CAIR BATIK TERHADAP MORTALITAS DAN MORFOLOGI SISIK IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN LAMA PEMAPARAN)
13640030_BAB-II_sampai_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Industri batik merupakan salah satu industri yang berperan sebagai penghasil bahan pencemar berbahaya bagi lingkungan perairan. Pencemaran limbah cair batik mengakibatkan kerusakan pada sisik Ikan Mas (Cyprinus carpio) sehingga menyebabkan kematian (lethal) Ikan Mas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai LC50 limbah cair batik di Pandak, Bantul dan mengetahui pengaruh limbah cair batik tersebut terhadap morfologi sisik Ikan Mas. Penelitian ini digunakan metode uji resirkulasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA dua arah kemudian dilanjutkan dengan uji duncan. Dalam penelitian ini digunakan beberapa konsentrasi uji yaitu 0 ppm, 15.800 ppm, 24.964 ppm, 39.443 ppm, dan 62.320 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar konsentrasi limbah cair batik maka semakin besar pula kematian ikan. Konsentrasi limbah cair batik tinggi (39.443 ppm dan 62.320 ppm) menyebabkan 100% Ikan Mas yang ada di lingkungan mengalami kematian. Nilai LC50 limbah cair batik Pandak, Bantul dalam mematikan Ikan Mas yaitu 20.000 ppm sehingga limbah cair batik Pandak, Bantul tergolong relatif kurang berbahaya dibandingkan limbah cair batik Imogiri, Bantul yang memiliki nilai LC50 sebesar 7,744x10-4 ppm dan menunjukkan tingkat bahaya yang luar biasa toksik. Pengaruh limbah cair batik terhadap morfologi sisik terlihat dari adanya gangguan sisik seperti adanya penempelan zat asing, serat kain, lendir, dan terjadinya pengikisan sisik. Gangguan sisik lebih banyak ditemukan pada sisik sebelah kiri dibanding sisik sebelah kanan dan dekat kepala karena dipengaruhi oleh gerakan ikan yang sering bergerak ke samping kanan maupun kiri dibanding menggunakan kepala. Kesimpulan dari penelitian ini ialah air yang tercemar limbah cair batik dari Pandak, Bantul masih aman untuk kehidupan Ikan Mas, namun Ikan Mas yang ada pada air tersebut sudah mengalami gangguan sisik yang berupa penempelan zat asing dan pengikisan sisik setelah terpapar selama 24 jam mulai dari konsentrasi 15.800 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah, S.Si, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Ikan Mas (Cyprinus carpio), limbah cair batik, morfologi sisik, toksisitas.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Mar 2019 13:27
Last Modified: 26 Mar 2019 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum