TRADISI RUWATAN SEBAGAI SYARAT PERNIKAHAN “ANAK SARIMPI” MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DI DUSUN SEGELUH DESA PURWOSARI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO PROPINSI JAWA TENGAH)

RAUDHATUN NADHIROH, NIM. 11360055 (2018) TRADISI RUWATAN SEBAGAI SYARAT PERNIKAHAN “ANAK SARIMPI” MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DI DUSUN SEGELUH DESA PURWOSARI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO PROPINSI JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI RUWATAN SEBAGAI SYARAT PERNIKAHAN “ANAK SARIMPI” MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DI DUSUN SEGELUH DESA PURWOSARI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO PROPINSI JAWA TENGAH))
11360055_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TRADISI RUWATAN SEBAGAI SYARAT PERNIKAHAN “ANAK SARIMPI” MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DI DUSUN SEGELUH DESA PURWOSARI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO PROPINSI JAWA TENGAH))
11360055_BAB-II_sampai_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat banyak tradisi adat masyarakat dari leluhur terdahulu yang masih dilestarikan sampai saat ini. Dalam berbagi acara sering dijumpai masyarakat yang masih menggunakan tradisi maupun upacara adat, misalnya dalam acara pernikahan. Di berbagai daerah tentunya memiliki cara tersendiri dalam melaksanakan ritual adat. Seperti yang terdapat pada masyarakat di dusun Segeluh, desa Purwosari, kecamatan Purwodadi, kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Tradisi leluhur masih sangat kental pada diri masyarakat di dusun tersebut. Salah satu ritual atau tradisi yang masih dilestarikan sampai sekarang adalah tradisi ruwatan bagi anak srimpi sebelum melaksanakan pernikahan. Menurut penuturan masyarakat, jika ritual ruwatan tidak dilaksanakan maka akan terjadi akibat buruk. Kejadian tersebut memang sudah terjadi secara nyata. Oleh karena itu, tradisi ruwatan menjadi syarat dalam melaksanakan pernikahan bagi anak srimpi. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penyusun memiliki rumusan masalah : (1) Bagaimana ketentuan mengenai syarat pernikahan yang harus dipenuhi dalam hukum Islam dan hukum adat dan (2) Bagaimana hukum Islam dan hukum adat memandang pelaksanaan tradisi ruwatan bagi anak sarimpi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan pernikahan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui Untuk mengetahui ketentuan mengenai syarat pernikahan menurut hukum Islam dan hukum adat di Dusun Segeluh, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, (2) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam dan hukum adat mengenai pelaksanaan tradisi ruwatan sebagai salah satu syarat sebelum pernikahan bagi anak sarimpi di Dusun Segeluh, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Deskriftif- Analisis-Komparatif. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan normatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tradisi ruwatan sebagai salah satu syarat sebelum pernikahan bukan termasuk syarat dalam hukum Islam akan tetapi diperbolehkan selama tidak bertentangan dengan syari’at dan membawa kemaslahatan umat. Tradisi ruwatan tidak bertentangan dengan hukum adat, karena ruwatan merupakan adat istiadat yang sudah lama ada dalam masyarakat dan tradisi tersebut tidak bertentangan dengan norma yang ada. Sebab ruwatan tersebut diadakan dengan maksud untuk memohon perlindungan kepada Sang Pencipta alam agar terhindar dari hal-hal buruk yang mengancam jiwa seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Abdul Halim, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: ruwatan, anak sarimpi, sukerta, adat
Subjects: Perbandingan Madzhab
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:04
Last Modified: 27 Mar 2019 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34199

Actions (login required)

View Item View Item