CONTINUING EDUCATION: SEBUAH UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN

Masruri, Anis (2007) CONTINUING EDUCATION: SEBUAH UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN. Fihris, Vol.2 (No. 1). pp. 57-72. ISSN 1978-9637

[img]
Preview
Text (CONTINUING EDUCATION: SEBUAH UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN)
CONTINUING EDUCATION SEBUAH UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini membahas tentang continuing education bagi pustakawan. Continuing education sangat penting diikuti pustakawan agar mempunyai kompetensi yang baik dan profesional di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat penggunanya. Bukan hanya pengetahuan pustakawan saja yang perlu ditingkatkan kualitasnya, tetapi juga sikap, dan ketrampilannya, agar mereka tetap dapat survive dalam dunia yang serba baru dan penuh tantangan. Media sumber informasi dan perkembangan ICT (Information and Communication Technology) telah menuntut perubahan layanan perpustakaan. Hal ini berimplikasi pula pada pustakawannya. Jika continuing education tidak dilaksanakan, boleh jadi tugas kepustakawanan akan diambil alih oleh profesi lain. Continuing education bagi pustakawan akan berhasil baik dan tepat dalam menentukan materi maupun metodenya jika dimulai dengan analisis kebutuhan. Continuing education dapat dilakukan melalui kegiatan formal, non formal, dan informal berupa pendidikan lanjut, workshop, pelatihan, seminar, tutorial maupun secara independent study. Untuk itu perlu ditumbuhkan motivasi yang kuat pada diri pustakawan baik motivasi yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: continuing education, profesi, profesionalisme pustakawan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Jurnal > 12. Fihris
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 01 Apr 2013 09:00
Last Modified: 01 Mar 2017 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item