PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN (STUDI KOMPARASI PARLEMEN INDONESIA DAN PARLEMEN ISLAM IRAN)

M NANDA FANINDY, NIM. 13360054 (2018) PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN (STUDI KOMPARASI PARLEMEN INDONESIA DAN PARLEMEN ISLAM IRAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN (STUDI KOMPARASI PARLEMEN INDONESIA DAN PARLEMEN ISLAM IRAN))
13360054_BAB-I, V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN (STUDI KOMPARASI PARLEMEN INDONESIA DAN PARLEMEN ISLAM IRAN))
13360054_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang dan mempunyai kekuatan yang mengikat. Tujuan undang-undang dan peraturan negara adalah untuk mengatur dan menertibkan setiap kehidupan berbangsa dan bernegara. Republik Indonesia dan Republik Islam Iran adalah salah dua negara dewasa ini yang memiliki latar belakang konsep bernegara relatif sama, namun juga tidak menafikkan perbedaan antara keduanya. Setiap negara yang berdaulat memiliki kewenangannya masing-masing di dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, tidak terkecuali dengan Republik Indonesia dan Republik Islam Iran. Republik Indonesia memiliki lembaga negara yang memiliki wewenang dalam pembentukan peraturan perundang-undangan yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), begitu pula dengan Republik Islam Iran memiliki Majelis Syura al-Islamy. Namun kedua lembaga negara tersebut menerapkan landasan dan prosesnya masing-masing di dalam pembentukan peraturan perundang-undangan. Kedua negara memiliki konsep bernegara yang relatif sama yakni demokrasi, namun di dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, Republik Indonesia mengacu pada legal dtafting modern sedangkan Republik Islam Iran mengacu pada prinsip-prinsip Islam, maka menjadi penting untuk meneliti lebih jauh tentang segala sesuatu mengenai persamaan dan perbedaan pembentukan peraturan perundang-undangan kedua negara tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (library reseach), yaitu yang sumber data diambil dari buku-buku dan tulisan-tulisan terkait sebagai sumber primer. Sedangkan penelitian ini bersifat deskripsif-komaparatif. Dari penelitian ini dapat dihasilkan dan diketahui bahwa terdapat persamaan dan perbedaan mendasar mengenai landasan bernegara, kewenangan dan pola yang diterapkan oleh Republik Indonesia dan Republik Islam Iran, di dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan yang diterapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang mengau pada asas-asas legal drafting modern dan Majelis Syura al-Islamy Republik Islam Iran mengacu pada asas-asas Islam sesuai dengan amanat konstitusi yang berlaku di kedua negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Fuad Zein, M.A.
Uncontrolled Keywords: perundang-undangan, Republik Indonesia, Republik Islam Iran, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Syura al-Islamy.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Mar 2019 06:45
Last Modified: 28 Mar 2019 06:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34207

Actions (login required)

View Item View Item