IKHSAN NASUKHA, NIM. 12410009 (2018) INTERNALISASI NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA.

ARIEF MIFTAHUDIN NIM., NIM. 12410090 (2018) IKHSAN NASUKHA, NIM. 12410009 (2018) INTERNALISASI NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IKHSAN NASUKHA, NIM. 12410009 (2018) INTERNALISASI NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA.)
12410090_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IKHSAN NASUKHA, NIM. 12410009 (2018) INTERNALISASI NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA.)
12410090_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di madrasah setiap harinya masih banyak kekurangannya dalam praktik maupun hasil dari tes-tes yang dilaksanakan oleh pihak madrasah. Masih banyak penyelewengan-penyelewengan yang terjadi pada peserta didik. Banyak peserta didik yang memiliki sikap yang kurang baik, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan dalam shalat dhuha berjamaah dan shalat dhuhur berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai yang ada dalam kegiatan shalat dhuha berjamah dan shalat dhuhur berjamaah di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Jenis penelitiannya, penelitian kualitatif yakni penelitian yang pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Dalam kegiatan shalat dhuha terdapat nilai-nilai keagamaan peserta didik yang diinternalisasikan dan diaktualisasi dalam keseharian pesrta didik dengan melalui beberapa cara seperti pembiasaan, pengawasan, nasihat dan keteladanan. Nilai-nilai keagamaan tersebut yaitu: kesabaran, tawakal, disiplin, keimanan, dan nilai sikap. 2) Dalam mengerjakan shalat duhur secara berjamaah terdapat nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasikan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari yaitu pesrta 3 didik mempunyai sifat takwa, keimanan yang tinggi, disiplin dan nilai sosial. 3) Dalam kegiatan tadarus pagi terdapat proses internalisasi nilai-nilai keagamaan yang semuanya tercakup dalam kitab suci Al Qur’an, sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa peserta didik. 4) Nilai keagamaan yang diinternalisasikan dari kegiatan infaq rutin adalah penanaman nilai keikhlasan dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Aktualisasi, Nilai-Nilai Keagamaan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2019 08:24
Last Modified: 01 Apr 2019 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum