KHARISMA NYAI HJ. UMI AZIZAH DI KOMPLEK ALKHODIJAH PONDOK PESANTREN ANNUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Hanifah Siti Nur Rohmah, NIM. 13720032 (2018) KHARISMA NYAI HJ. UMI AZIZAH DI KOMPLEK ALKHODIJAH PONDOK PESANTREN ANNUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KHARISMA NYAI HJ. UMI AZIZAH DI KOMPLEK ALKHODIJAH PONDOK PESANTREN ANNUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
13720032_BAB-I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KHARISMA NYAI HJ. UMI AZIZAH DI KOMPLEK ALKHODIJAH PONDOK PESANTREN ANNUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
13720032_BAB-II_S.D_SEBELUM _BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia yang menunjukkan subkultur Indonesia. Setiap santri yang belajar Di Pesantren berasal dari daerah, kebudayaan dan bahasa yang berbeda, kemudian mereka dipersatukan oleh tujuan yang sama dibawah sistem kepemimpinan yang sama. Di era modernisasi ini sistem kepemimpinan kharismatik tidak lagi banyak dipakai oleh masyarakat luar. teknologi yang serba canggih sedikit demi sedikit menghapus ingatan masyarakat mengenai fakta bahwa kekuatan manusia baik laki-laki atau perempuan sebenernya mampu melebihi teknologi yang ada. Oleh sebab ini, peneliti tertarik menjadikan tema kepemimpinan kharismatik sebagai penelitian untuk tugas akhir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Nyai Hj. Umi Azizah di Komplek Al-Khodijah Pondok Pesantren Annur Yogyakata, (2) Mengapa kepemimpinan Nyai Hj. Umi Azizah di Komplek Khodijah Pondok Pesantren Annur Yogyakata dikategorikan dalam kepemimpinan kharismatik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran dan kepemimpinan kharismatik Nyai Hj. Umi Azizah di Komplek Al-Khodijah Pondok Pesantren Annur Yogyakata dikategorikan dalam kepemimpinan kharismatik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitataif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan pendekatan pemimpin kharismatik Max Weber. Dari penelitian ini diketahui bahwa Nyai Umi memiliki peran yang sangat penting bagi para santri diantaranya adalah Orang tua pengganti bagi santri, pengajar, suri tauladan bagi santri, dan pemegang kebijakan Komplek AL-Khodijah . Nyai Umi adalah seorang pemimpin kharismatik, ia dianggap memiliki kekuatan luar biasa melalui hal-hal luar biasa yang dapat dirasakan dan dilihat yang kemudian dipercaya dan diyakini oleh orang-orang terdekatnya. Hal luar biasanya tersebut diantaranya kehidupannya dibaluti oleh ayat suci melalui kemampuan luar biasanya dalam menyimak, malaikat penjaganya, keberkahan, dan pengikut setianya. Selain itu, Nyai Umi memiliki keistimewaan yang lain, yaitu rehabilitasi santri. Berbeda dari kepemimpinan pada birokrasi pada umumnya, Nyai Umi tidak pernah secara resmi diangkat sebagai pemimpin, ia juga tidak menerima keuntungan materi sedikitpun dari kepemimpinannya, beliau hanya mandapat kehormatan dan donasi sebagai ucapan terima kasih dari yayasan dan wali santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, S.Sos, S.Ag, M.A, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Nyai, Kepemimpinan, Kharismatik
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:04
Last Modified: 01 Apr 2019 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34263

Actions (login required)

View Item View Item