STRATEGI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI (SELATAN THAILAND) DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI GOWOK CT, SLEMAN, YOGYAKARTA

Mr. Amran Hayisamoh, NIM. 13720058 (2019) STRATEGI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI (SELATAN THAILAND) DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI GOWOK CT, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI (SELATAN THAILAND) DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI GOWOK CT, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13720058_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI (SELATAN THAILAND) DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI GOWOK CT, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13720058_BAB II_S.D.-SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Solidaritas sosial tidak hadir begitu saja dalam relasi sosial masyarakat. Hal ini memerlukan usaha-usaha untuk diadakan dan diperkuat melalui kesadaran bersama dan kepentingan untuk terhubung satu sama lain. Sehingga, masyarakat yang berelasi dengan anggota lainnya dalam kelompok sosial di dalam lingkungan sebuah kelompok perlu mengadakan peluang untuk masuk dan keluarnya anggota kelompok baik yang berstatus temmporal maupun permanen di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi mahasiswa Patani dalam membangun solidaritas sosial dengan warga Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam menganalisis data temuan lapangan dari penelitian ini adalah teori pertukaran sosial Peter Blau dengan melihat 4 tipe dasar nilai atau tahapan terjadinya pertukaran sosial di dalam masyarakat. Penggalian data dilakukan mengenai usaha-usaha yang dilakukan mahasiswa Patani dalam membangun solidaritas sosial melalui pertukaran-pertukaran sosial di Gowok. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Observasi dilakukan dengan melihat hubungan dan pertukaran yang berlangsung antara mahasiswa Patani dan masyarakat Gowok. Wawancara dilakukan dengan 3 informan yang menjabat sebagai pengurus inti PMIPTI (Persatuan Mahasiswa Islam Patani di Indonesia). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan mahasiswa Patani dalam organisasi PMIPTI dalam menjalin solidaritas sosial dengan warga Gowok diwujudkan dalam bentuk kepedulian sosial dan keterlibatan mereka dalam kepanitian. Kedua strategi tersebut dinilai mampu membangun solidaritas sosial sekaligus memperkuatnya. Hal ini dilihat dari posisi timbal balik yang telah diberikan oleh warga Gowok berupa kemudahan-kemudahan dalam bermukin. Mahasiswa Patani merasa perlu memberikan kepedulian mereka dan keterlibatannya dalam berbagai kegiatan yang mendukung ke arah positif. Kemampuan mereka dalam membangun solidaritas itu juga diawali dnegan adanya pertukaran dalam skala mikro dengan warga Gowok. Pertukaran itu dari nilai dan norma yang berlaku. Sehingga kesepahaman dan saling pengertian menjadikan mahasiswa Patani dan warga Gowok seolah memiliki kesamaan perasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: solidaritas sosial, strategi, pmipti, gowok.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:20
Last Modified: 01 Apr 2019 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item View Item