EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERPADU (AL-DIRASAH AL-ISLAMIYAH) PADA KOMPETENSI INTI SIKAP DI MI AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA

GANIS AGIL RAMADHAN, NIM. 13410141 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERPADU (AL-DIRASAH AL-ISLAMIYAH) PADA KOMPETENSI INTI SIKAP DI MI AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERPADU (AL-DIRASAH AL-ISLAMIYAH) PADA KOMPETENSI INTI SIKAP DI MI AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA)
13410141_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERPADU (AL-DIRASAH AL-ISLAMIYAH) PADA KOMPETENSI INTI SIKAP DI MI AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA)
13410141_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul ketika penulis menemukan sebuah keunikan yang terdapat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Afkaaruna Islamic School. Pelajaran agama Islam yang terdapat di madrasah pada umumnya ada 4 mata pelajaran yaitu Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI, yang kemudian dipadukan menjadi satu mata pelajaran yang memuat empat mata pelajaran ini yang diberi nama Al- Dirasah Al-Islamiyah. Setiap pelajaran yang dibagi menjadi tema yang memuat keempat mata pelajaran tersebut sekaligus kompetensi dasar dan indikatornya yang dapat diserap dengan mudah oleh siswa Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif, dengan mengambil latar MI Afkaaruna Islamic School Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: Pertama, efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam (Al-Dirasah Al-Islamiyah) di MI Afkaaruna Islamic School cukup baik dan unik, yang antara lain mampu menyusun berbagai macam pelajaran Islam dari Kemenag menjadi satu modul yang integratif dan tematik, mampu menyusun kompetensi dasar dan indikator yang sesuai dengan kebutuhan madrasah sekaligus juga masih x berpedoman pada standar Kemenag, dan program tambahan dari madrasah bagi siswa dalam rangka mampu mengaplikasikan teori yang sudah mereka dapatkan pada kehidupan sehari-hari. Kedua, kompetensi inti sikap merupakan hal yang terus dikembangkan oleh madrasah karena merupakan hal wajib yang tidak lepas dari perkembangan watak dan sikap siswa ke depan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fleksibilitas dalam penyusunan materi-materi pembelajaran yang dapat dicerna dengan mudah oleh siswa, dan kemauan untuk memajukan kualitas pendidikan Islam di madrasah dengan berbagai macam pendekatan dan metode merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh MI Afkaaruna Islamic School yang perlu dikembangkan oleh madrasah-madrasah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. Muh. Muhammad Wasith Achadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Al-Dirasah Al-Islamiyah, Kompetensi Inti Sikap, Sikap Religius, Sikap Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:46
Last Modified: 01 Apr 2019 03:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34273

Actions (login required)

View Item View Item