KEBERHASILAN KAMPUNG KB JASEM DALAM PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK)

Septi, NIM. 15720040 (2019) KEBERHASILAN KAMPUNG KB JASEM DALAM PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERHASILAN KAMPUNG KB JASEM DALAM PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK))
15720040_BAB-I_IV-atau V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (KEBERHASILAN KAMPUNG KB JASEM DALAM PROGRAM KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA (KKBPK))
15720040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (EDIT).pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (22MB)

Abstract

Dusun Jasem merupakan salah satu Dusun yang dipilih dalam pembentukan kampung KB dari Perwakilan BKKBN DIY, dikarenakan Dusun Jasem berada di wilayah perbukitan, Dusun tergolong miskin berdasarkan keluarga sejahtera, kepesertaan KB rendah dan infrastruktur tidak memadai. Kampung KB Jasem merupakan kampung KB pertama di Kabupaten Bantul. Kampung KB Jasem memberikan kontribusi terbesar kampung KB di Perwakilan BKKBN DIY, sehingga kampung KB Jasem mendapatkan julukan sebagai center of excellent dari segi program dan kegiatan di kampung KB. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses keberhasilan kampung KB Jasem serta melihat hal-hal apa saja yang mempengaruhi suatu keberhasilan. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional dari Talcott Parsons. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis ini data dilakukan dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, data terakhir yaitu penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa latar belakang berhasil di kampung KB Jasem, dengan adanya pelopor seorang pemimpin kampung KB dengan pendekatan konsep AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration dan Latency) yaitu: adaptasi dengan menyesuaikan lingkungan. Penyesuaian lingkungan ini, seorang pemimpin dalam masyarakat dengan cara“top down approach”, sehingga menghasilkan suatu keberhasilan dalam faktor eksternal yaitu partisipasi masyarakat. Adanya partisipasi masyarakat terciptanya suatu pencapaian tujuan antara lain: kepesertaan KB tinggi 76%, tingkat ekonomi keluarga sejahtera meningkat dan infrastuktur yang memadai. Keberhasilan dalam faktor internal adanya integrasi dengan kemitraan yang terkait, integrasi ini membangun suatu networking antara lain dengan PNPM dalam bedah rumah (lantainisasi dan penyaluran listrik). Terbangunnya suatu pemeliharaan pola yang bertujuan untuk saling bersinergi antara kampung KB dan kemitraan terkait seperti: mahasiswa KKN. Adanya pemeliharaan pola ini untuk mencegah adanya konflik, maka dari itu dalam perumusan perencanaan sampai pelaksanaan program dan kegiatan dikampung KB, harus bersinergi dari pemimpin kampung KB dan mahasiswa KKN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah, S. Sos., Msi
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan, Pemimpin kampung KB, Partisipasi masyarakat, Kemitraan.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:48
Last Modified: 01 Apr 2019 03:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34274

Actions (login required)

View Item View Item