PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta)

A. Nasruddin Al Anshori, NIM. 14520028 (2018) PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta))
14520028_BAB -I_I V-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PLURALITAS AGAMA DAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara Mlangi Yogyakarta))
14520028_BAB- II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam mengenai pemahaman pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Aswaja Nusantara menanamkan nilainilai pluralitas agama agar lahir generasi yang toleran dan dapat menyesuaikan dengan peradaban zaman. Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, dapat dirumuskan beberapa pokok masalah penelitian sebagai berikut: Bagaimana pluralitas agama yang dipahami di pondok pesantren Aswaja Nusantara, Mlangi, Yogyakarta? dan Bagaimana implementasi pluralitas agama di Pondok pesantren Aswaja Nusantara? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan untuk menggali informasi secara mendalam tentang pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observation, interview dan documentation. Analisis dan teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara dimana penulis mengolah dan menganalisis data yang diperoleh di lapangan. Fokus penelitian yaitu pemahaman pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara. Hasil penelitian-penelitian menyatakan bahwa pemahaman pluralitas agama dan peran pondok pesantren di Pondok Pesantren Aswaja Nusantara dilakukan melalui hidden curriculum. Kurikulum tersembunyi yang dimaksud adalah materi pluralitas agama tersebut tidak dimasukkan dalam mata pelajaran yang terjadwal, melainkan ditanamkan melalui mindset pengaruh kesamaan presfektif dalam paradigm ke-aswaja-an. Contohnya antara lain ada dalam perbedaan pendapat untuk di hargai di anatara para santri, kemajemukan pendapat ulama dalam kitab-kitab tentang bahasan tertentu yang berkaitan dengan keagamaan, dan sebagainya.dan kegiatan (perilaku) baik internal maupun eksternal. Sehingga santri dan pendatang secara terbuka belajar dan mempraktekkan nilai-nilai pluralitas agama, melalui interaksi santri dan pendatang non-Muslim. Kata kunci: Pluralitas Agama, Pondok Pesantren, Implementasi Nilai- Nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pluralitas Agama, Pondok Pesantren, Implementasi Nilai- Nilai.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:04
Last Modified: 18 Apr 2019 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34278

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum