EFEKTIVITAS SUPERVISI TERHADAP PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN

NIKMA ALBARINGAH, NIM. 14410023 (2018) EFEKTIVITAS SUPERVISI TERHADAP PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (EFEKTIVITAS SUPERVISI TERHADAP PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN)
14410023_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS SUPERVISI TERHADAP PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN)
14410023_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam kegiatan pembelajaran, tidak semua guru memiliki kinerja ideal yang diharapkan. Fakta dilapangan masih ada guru dengan kerja minimal seperti guru-guru yang baru mulai melaksanakan tugas sebagai pendidik di sekolah. Demikian juga guru senior yang memiliki kecenderungan dalam pembelajaran yang terkesan monoton, membosankan dan kurang kreatif serta inovasi baru dalam pembelajaran sehingga banyak ditemukan kegiatan pembelajaran dimana guru lebih aktif dibanding peserta didik. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman. 2) Untuk mengetahui efektifitas supervisi terhadap pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif analisis yaitu memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian, untuk kemudian digambarkan atau dilukiskan sebagaimana adanya. Uji keabsahan data melalui trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dilaksanakan sesuai pedoman di RPP saat ada yang mengawasi dan tidak sesuai pedoman di RPP saat tidak ada yang mengawasi. (2) Pelaksanaan supervisi dilaksanakan dengan cara kepala sekolah menunjuk guru senior yang sudah diklat supervisor untuk mensupervisi pembelajaran guru PAI. (3) Efektivitas pelaksanaan supervisi terhadap pembelajaran PAI kurang efektif dikarenakan supervisi tersebut tidak dilakukan langsung oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Supervisi, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2019 04:05
Last Modified: 01 Apr 2019 04:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34279

Actions (login required)

View Item View Item