PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA

LAILA DEWI AKHSANTY, NIM. 14410031 (2018) PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA)
14410031_BAB I, IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGAMALAN NILAI HABLU MINAL ’ALAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS XI MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTA)
14410031_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa idealnya manusia menjaga hubungannya dengan alam secara harmonis dengan bersikap peduli dan cinta terhadap alam. Namun kenyataannya ada saja manusia yang merusak dan bersikap tidak peduli terhadap alam. MAN 5 Sleman berusaha untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang nyaman dan membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan, dengan menjadikan MAN 5 Sleman sebagai madrasah adiwiyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengamalan nilai hablu minal ‘alam dalam program adiwiyata, implementasi program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan, serta faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan kelas XI MAN 5 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang mana pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reuksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi dan uji keabsahan data. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengamalan nilai hablu minal ‘alam dalam program adiwiyata di MAN 5 Sleman tertuang dalam beberapa kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan adiwiyata, kebersihan lingkungan, komposter, pemilahan sampah, pengolahan sampah, area bebas rokok, kantin sehat, visi-misi dan tujuan yang terintegrasi dengan adiwiyata, biopori, sawah organik, duta adiwiyata serta pembinaan. 2) Implementasi program adiwiyata dalam menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan kelas XI MAN 5 Sleman dilakukan dengan kegiatan kerja bakti senin bersih, duta adiwiyata, dan kegiatan pembelajaran yang berwawasan lingkungan, serta Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan juga Peringatan Hari Nasional, sehingga dapat menumbuhkan akhlak siswa terhadap lingkungan yaitu menjaga kebersihan dan kelestarian alam, mengurangi penggunaan SDA secara berlebihan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga dan memelihara tanaman, menjadi konsumen yang baik, pemanfaatan barang-barang yang sudah tidak terpakai. 3) Faktor pendukung pelaksanaan program adiwiyata yaitu kebijakan Kemenag, kebijakan sekolah, kesadaran dan keinginan siswa terhadap lingkungan bersih, adanya anggaran dan sponsor, partisipasi dari stakeholder. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu dalam pelaksanaan kegiatan, tingkat pemahaman siswa yang berbeda, kurangnya kebiasaan atau budaya hidup bersih dan sehat dalam diri siswa, serta kurangnya peran siswa lakilaki dalam menggalakkan hidup sehat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: hablu minal ‘alam, adiwiyata, akhlak siswa terhadap lingkungan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2019 04:11
Last Modified: 01 Apr 2019 04:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34281

Actions (login required)

View Item View Item