NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR ASUNG SALAM (STUDI KESENIAN EMPRAK KLENGGOTAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)

MIZAN KHAIRUSANI, NIM. 14410090 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR ASUNG SALAM (STUDI KESENIAN EMPRAK KLENGGOTAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR ASUNG SALAM (STUDI KESENIAN EMPRAK KLENGGOTAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA))
14410090_BAB I, IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR ASUNG SALAM (STUDI KESENIAN EMPRAK KLENGGOTAN PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA))
14410090_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari realitas kesenian rakyat yang lambat-laun mulai ditinggalkan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Pada mulanya kesenian menjadi salah-satu bentuk strategi dakwah dalam menyebarkan ajaran Islam di Indonesia, dan terbukti dengan kesenian nilai-nilai Islam bisa diterima dan tersampaikan dengan baik. Terkhusus di Yogyakarta, kesenian maupun budaya menjadi hal yang mudah di jumpai saat ini. Melihat dari garis sejarahnya, semenjak Sultan Hamengku Buwana VIII yang membumikan kesenian di tataran masyarakat Yogyakarta secara umum, sebagai bentuk perlawanan terhadap pihak Belanda. Dan salah salah satunya melahirkan kesenian Emprak yang sarat akan nilai-nilai Islam. Kesenian Emprak saat ini masih bisa dijumpai di daerah Klenggotan Srimulyo Piyungan Bantul, msekipun lambat-laun mulai terkikis keeksistensiannya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui wujud kesenian Emprak, serta menemukan ajaran pendidikan agama Islam yang terkandung di dalam salah satu syair kesenian Emprak, yaitu syair Asung Salam. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan hermeneutik Gadamer. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, wawancara dan dokumentasi, analisi data menggunakan dua metode yaitu analisis deskriptif dan analisi isi. Hasil penelitian menunjukan : (1) wujud kesenian Emprak yaitu menjadi salah satu bentuk perlawanan budaya masyarakat Jawa terhadap pihak Belanda, di mana pihak Belanda sangat mendominasi perpolitikan di kasultanan Yogyakarta, sehingga segala kebijakan ditentukan oleh Belanda. (2) Syair Asung Salam Kesenian Emprak sarat akan ajaran nilai-nilai pendidikan agama Islam, seperti nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan akhlak dan nilai pendidikan dakwah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Agama Islam, Syair, Kesenian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:17
Last Modified: 02 Apr 2019 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum