IMPLEMENTASI HUKUMAN PEDAGOGIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM BANTUL

SITI MUKMINAH, NIM. 14410145 (2018) IMPLEMENTASI HUKUMAN PEDAGOGIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI HUKUMAN PEDAGOGIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM BANTUL)
14410145_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Other (IMPLEMENTASI HUKUMAN PEDAGOGIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM BANTUL)
14410145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam dunia Pondok Pesantren demi tercapainya sebuah misi Pondok Pesantren maka perlu adanya sebuah peraturanperaturan khusus yang harus diikuti oleh seluruh santri dan demi terlaksananya sebuah kegiatan yang telah terprogram maka perlu adanya sebuah hukuman, namun penggnaan hukuman yang salah maka akan berdampak negatif terhadap santri. Dalam penggunaan hukuman haruslah dengan cara yang tepat yakni yang bersifat pedagogis. Untuk itu maka penggunaan hukuman pedagogis menarik untuk dibahas. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana implementasi hukuman pedagogis di Pondok Pesantren yang mampu menimbulkan dampak yang positif terhadap motivasi belajar santri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data adalah santri MA, MTs dan IIQ An Nur, pengurus pendidikan dan Ustazah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara terstruktur dan semi terstruktur serta dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan dakhiri dengan kesimpulan. xiii Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan hukuman pedagogis dilaksanakan setiap awal bulan yang sebelumnya telah dilakukan penghisaban persensi yang dilakukan oleh para ustazah dan para pengurus pendidikan. 2) Dampak yang ditimbulkan dari implementasi hukuman pedagogis terhadap motivasi belajar santri putri adalah mampu meningkatkan motivasi belajar santri. hal itu bisa ditunjukkan dengan hasil observasi dan wawancara khusus menggunakan 4 indikator motivasi belajar: a) Semangat dan gairah santri. b) Minat dan perhatian santri. c) Keaktifan santri dalam mengikuti kegiatan pendidikan. d) Reaksi yang ditunjukkan santri terhadap stimulus (hukuman) yang diberikan. 3) kendala dalam implementasi hukuman pedagogis di Pondok Pesantren An Nur berupa: a) terdapat waktu pelaksanaan hukuman yang masih kurang efektif, b) pengurus masih merasa kuwalahan dalam mengawasi para santri. dan c) kurangnya kerjasama antara ustadzah dan pengurus pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Hukuman Pedagogis, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:13
Last Modified: 02 Apr 2019 03:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item View Item