PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA

UMDATURROSYIDAH, NIM. 14410153 (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
14410153_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
14410153_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah peserta didik memiliki tipe kecerdasan yang berbeda- beda. Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengembangkan potensi, serta mengekspresikan dirinya. Dalam kaitannya dengan upaya mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik, maka sekolah khususnya dalam hal ini guru agama mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan wawasan, pembiasaan dalam mengamalkan ibadah atau akhlak yang mulia terhadap ajaran agama. Dari latar belakang tersebut yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik, cara guru dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah Guru PAI, dan peserta didik SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Metode analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) beberapa peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik yaitu peran sebagai pendidik, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai tauladan, dan sebagai evaluator. 2) Dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal guru PAI memiliki beberapa cara yaitu, pembiasaan, metode hafalan, berpikir kritis dalam pembelajaran PAI, memberikan keteladanan serta reward dan punishmnet. 3) Faktor yang mendukung guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik yaitu prasarana yang mendukung, lingkungan yang kondusif, dan kerjasama yang baik dengan seluruh dewan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya jumlah peserta didik, dan keterbatasan tenaga serta waktu bagi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Kecerdasan Intrapersonal, Peserta Didik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2019 10:19
Last Modified: 02 Apr 2019 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum