PEMBENTUKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI EDUPRENEURSHIP PADA SANTRI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL

ANIS HANIFAH, NIM. 14410159 (2018) PEMBENTUKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI EDUPRENEURSHIP PADA SANTRI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PEMBENTUKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI EDUPRENEURSHIP PADA SANTRI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL)
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI EDUPRENEURSHIP PADA SANTRI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah tentang pentingnya pembentukan jiwa kewirausahaan pada santri untuk meningkatkan kualitas lulusan santri yang mandiri dan dapat mensejahterakan hidupnya di masa depan dengan berwirausaha. Dimana pada realitasnya lulusan santri sering kali mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan ekonominya, hal ini disebabkan karena tidak adanya pendidikan ketrampilan di pondok pesantren pada umumnya. Salah satu pondok pesantren yang sudah menerapkan hal tersebut adalah Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul yang memiliki program Edupreneurship sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada santri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Edupreneurship, langkah-langkah yang dilakukan untuk membentuk jiwa kewirausahaan pada santri dan hambatan serta pendukung dari pelaksanaan Edupreneurship di Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi perkembangan behavioristik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul. Uji keabsahan data dengan triangulasi, baik triangulasi teknik maupun sumber. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dengan langkah pengumpulan data, reduksi data pengujian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan Edupreneurship di Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo dilakukan melalui pengembangan diri yaitu dengan kegiatan rutin santri, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Langkah-langkah dalam pembentukan jiwa kewirausahaan melalui Edupreneurship di lakukan dengan tiga tahap yaitu perencanaaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun faktor pendukungnya adalah dorongan dari diri sendiri, ketekunan santri, motivasi dari pembimbing, sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya kerjasama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri masih sulit diatur, masih rendahnya kesadaran santri, keterbatasan dana, kurikulum Edupreneurship yang masih memiliki kekurangan, dan belum adanya peraturan dan sanksi bagi yang melanggarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Pembentukan jiwa kewirausahaan, Edupreneurship, Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:44
Last Modified: 02 Apr 2019 04:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34317

Actions (login required)

View Item View Item