TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENDISTRIBUSIAN DAN PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) DI LAZISNU KABUPATEN SLEMAN

AUFA RAMADANI, NIM. 14380041 (2018) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENDISTRIBUSIAN DAN PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) DI LAZISNU KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENDISTRIBUSIAN DAN PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) DI LAZISNU KABUPATEN SLEMAN)
14380041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENDISTRIBUSIAN DAN PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) DI LAZISNU KABUPATEN SLEMAN)
14380041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Lembaga zakat sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas ekonomi umat. Pendistribusian dana ZIS pada umumnya dilakukan oleh LAZ dengan metode konsumtif. Padahal dengan pendistribusian konsumtif kurang menyentuh pada pokok permasalahan para mustahik. Disamping itu, pendistribusian dana ZIS harus didistribusikan secara adil kepada umat. Pendayagunaan secara produktif dana ZIS akan memberikan pengaruh yang lebih besar daripada pendistribusian secara konsumtif. Pendistribusian secara konsumtif justru tidak akan memajukan perekonomian masyarakat, walaupun pendistribusian secara konsumtif harus tetap dilakukan untuk yang membutuhkan seperti orang jompo dan orang yang sakit. LAZISNU Kabupaten Sleman misalnya, LAZISNU mempunyai program ekonomi, akan tetapi program tersebut belum berjalan secara maksimal karena pada proses pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang menjadikan program ekonomi tersebut tidak berjalan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang dipadukan dengan buku dan penelitian mengenai zakat sebagai pendalaman teori dan penunjang analisis. Sehingga sifat penelitian ini deskriptif-analisik dengan menggambarkan praktik pendistribusian dana ZIS di lapangan kemudian dianalisis secara menggunakan pendekatan yuridis, dan faktor terhambatnya pendayagunaan dana ZIS secara sosiologis dengan teknik pengambilan data primer yang meliputi pengamatan dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendisribusian dana ZIS sudah dianggap adil dan merata sesuai dengan Undang-undang No. 23 Tahun 2011, karena dana yang terkumpul dibagikan kepada golongan dengan berpedoman surat at Taubah ayat 60, serta pembagiaannya merata ke wilayah Kabupaten Sleman. Pendayagunaan secara produktif dana ZIS di LAZISNU Kabupaten Sleman belum sepenuhnya terlaksana berdasarkan Undang-undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Pasal 27 karena terkendala beberapa faktor, yaitu faktor intern dari LAZISNU Kabupaten Sleman. Faktor tersebut yaitu kurangnya komunikasi yang terjalin antara LAZISNU dengan mustahik dan kurangnya SDM dari pihak LAZISNU yang dapat berperan dan membantu berjalannya dalam program pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Wardatul Fitri, SH.,MH.,
Uncontrolled Keywords: Dana ZIS, pendistribusian, pendayagunaan
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:26
Last Modified: 02 Apr 2019 03:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34318

Actions (login required)

View Item View Item