TINJAUAN SADDU DZARIA’AH TERHADAP PRINSIP 5C+1S ATAS PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT BPRS KARYA MUGI SENTOSA SURABAYA

FENTY FUMIATY, NIM. 1520311057 (2018) TINJAUAN SADDU DZARIA’AH TERHADAP PRINSIP 5C+1S ATAS PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT BPRS KARYA MUGI SENTOSA SURABAYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SADDU DZARIA’AH TERHADAP PRINSIP 5C+1S ATAS PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT BPRS KARYA MUGI SENTOSA SURABAYA)
1520311057_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SADDU DZARIA’AH TERHADAP PRINSIP 5C+1S ATAS PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT BPRS KARYA MUGI SENTOSA SURABAYA)
1520311057_BAB II_SD_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Pemberian pembiayaan diperlukan suatu analisis yang baik dan seksama terhadap semua aspek pembiayaan yang dapat menunjang proses pemberian pembiayaan guna mencegah timbulnya risiko dari pembiayaan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan prinsip 5C+1S atas pembiayaan murābahah ditinjau dari saddu dzari’ah. Penelitian terfokus pada bagaimana PT BPRS Karya Mugi Sentosa menganalisis kelayakan calon nasabah pada pembiayaan murābahah yang diajukan serta strategi dalam mengantisipasi pembiayaan yang kurang lancar, diragukan, dan macet. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi/ kesimpulan. Diketahui bahwa dalam menganalisis kelayakan calon nasabah, pihak PT BPRS Karya Mugi Sentosa melakukan beberapa proses, sebelum calon nasabah mendapatkan pembiayaan. Prinsip 5C+1S merupakan prinsip analisis yang diterapkan oleh pihak PT BPRS Karya Mugi Sentosa. Setelah dilakukan, baru kemudian ditinaju melalui saddu dzari’ah. Kendala yang dihadapi adalah dalam pelaksanaanya di lapangan ada beberapa hal sehingga penggunaan 5C+1S dalam analisis pemberian pembiayaan tidak dapat dilaksanakan secara optimal, hal ini karena ketika dalam penilaian kelayakan calon nasabah pembiayaan, khususnya dalam mendalami karakter calon nasabah yang ketika dianalisis sangat baik, namun di tengah perjalanan mulai terlihat kurang baik, sehingga kemampuan membayar kewajiban kurang lancar. Strategi yang dilakukan pihak PT BPRS Karya Mugi Sentosa adalah lebih intens lagi dalam pengawasan terhadap nasabah, yakni dengan lebih sering mengunjungi nasabah pasca realisasi pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Mujib, M,Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan murābahah, saddu dzari’ah, analisis prinsip 5C+1S
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:51
Last Modified: 02 Apr 2019 03:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34322

Actions (login required)

View Item View Item