PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV BERBASIS POP UP BOOK DI SD/MI

UMI FAUZIYAH, NIM. 11480027 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV BERBASIS POP UP BOOK DI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV BERBASIS POP UP BOOK DI SD/MI)
11480027_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV BERBASIS POP UP BOOK DI SD/MI)
11480027_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran yang membutuhkan pemahaman bukan hanya hafalan, sehingga ketika guru memberikan informasi ataupun materi tentang pembelajaran tematik sangat dibutuhkan suatu media pendukung agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengiriman ke penerima guna merangsang pikiran, persaan, perhatian, dan kemauan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian adalah : (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran tematik Kelas IV berbasis Pop Up Book untuk SD/MI yang baik, menarik, dan berkualitas. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tematik Kelas IV berbasis Pop Up Book di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), metode ini untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tertentu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu: (1) lembar penilaian kualitas media pembelajaran tematik berbasis Pop Up Book; (2) angket respon siswa terhadap media pembelajaran tematik berbasis Pop Up Book. Data hasil penelitian ini berupa tanggapan ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru wali kelas, dan respon siswa terhadap kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian, antara lain: (1) Karakteristik media pembelajaran tematik berbasis Pop Up Book untuk kelas IV SD/MI materi “Pahlawanku” telah berhasil dikembangkan melalui prosedur penelitian pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Penilaian produk ini menggunkaan 2 ahli materi, 2 ahli media dan 2 peer revieweer dan juga wali kelas beserta 18 siswa. Berdasarkan penilaian dari 2 ahli materi, 1 ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 4,4 dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian dari ahli materi 2 memperoleh rata-rata sebesar 4,5 dengan kategori SB (Sangat Baik). Penilaian dari ahli media 1 memperoleh rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori Sangat Baik (SB). Dari ahli media 2 memperoleh rata-rata sebesar 4,4 dengan kategori SB (Sangat Baik) Penilaian dari 2 peer reviewer memperoleh rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori Sangat Baik (SB). Serta penilaian dari guru wali kelas IV memperoleh rata-rata sebesar 4,5 dengan kategori Sangat Baik (SB). (2) Produk yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan nilai yang bagus (minimal cukup), maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M. Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Pembelajaran Tematik, Sejarah, Pop Up Book.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 09:18
Last Modified: 04 Apr 2019 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum