EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA PADA MATERI KONDUKTOR ISOLATOR KELAS VI SDN KALIGONDANG

NAHAR KHOIRUN NISSA, NIM. 13480001 (2018) EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA PADA MATERI KONDUKTOR ISOLATOR KELAS VI SDN KALIGONDANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA PADA MATERI KONDUKTOR ISOLATOR KELAS VI SDN KALIGONDANG)
13480001_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA PADA MATERI KONDUKTOR ISOLATOR KELAS VI SDN KALIGONDANG)
13480001_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan rata-rata keterampilan proses IPA pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi terhadap keterampilan proses IPA pada materi konduktor isolator kelas VI SDN Kaligondang. 2) Apakah terdapat perbedaan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dengan kelas kontrol yang metode pembelajaran observasi dan diskusi terhadap keterampilan proses IPA pada materi konduktor isolator kelas VI SDN Kaligondang. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Jumlah populasi pada penelitian yang dilakukan adalah seluruh kelas VI SDN Kaligondang yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas VIA 23 siswa dan kelas VIB 23 Siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIA sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik random class sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, pedoman dan lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney (non-parametrik) untuk hasil observasi setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi yaitu rata-rata kelas eksperimen 8,91 dan kelas kontrol 6,92. Hipotesis dalam penelitian yang dilakukan dibuktikan dengan melakukan uji beda mann-whitney dengan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0.05 yaitu Asymp.Sig.(2-tailed) 0,00 0,05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi. 2) Terdapat perbedaan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi dibuktikan dengan mencari rata-rata gain score untuk rata-rata gain score kelas eksperimen sebesar 31.76 dan kelas kontrol 15.24 selisih nilai gain score sebesar 16,52. Untuk membuktikan terdapat perbedaan atau tidak dibuktikan dengan melakukan uji efektivitas yaitu dengan uji mann-whitney pada gain score dengan hasil Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0.00 0.05, sehingga terdapat perbedaan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran observasi dan diskusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Keterampilan Proses IPA, Eksperimen Semu.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 14:14
Last Modified: 04 Apr 2019 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum