ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

ATIQ FAYUMI, NIM. 14410182 (2018) ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14410182_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14410182 BAB II SAMPAI SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan di indonesia ada beberapa permasalahan mulai dari kurangnya mutu guru, kurangnya sarana dan prasarana serta lingkungan sekolah serta faktor utama yang menjadi permasalahan adalah sering bergantinya peraturan kurikulum sehingga hal tersebut membingungkan bagi guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam sehinggga proses belajar belajar menjadi terganggu, karena fokus guru berubah secara keseluruhan mengikuti dengan kurikulum yang baru. Sekolah SMA Negeri 1 Baguntapan Bantul Yogyakarta merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dalam penerapannya terdapat beberapa permasalahan, oleh karena itu perlu solusi untuk mengatasinya agar kurikulum 2013 terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah:(1)untuk mengidentifikasi permasalahan penerapan kurikulum 2013.(2) untuk mengetahui upaya mengatasi permasalahan penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan beberapa permasalahan: a) Guru: Kurangnya pemahaman Kurikulum 2013 dan analisis RPP: (Kesiapan guru dalam menyiapkan RPP dan analisis penyusunan RPP PAI); b) Pelaksanaan pembelajaran: Kurangnya keterampilan mengajar guru dan peserta didik cenderung pasif; c) Sistem penilaian belum adanya keterkaitan antara rancangan dalam perencanaan dengan pelaksanaanya; d) Sumber belajar: Media dan alat bantu pembelajaran, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Solusi pemecahan permasalahan yaitu: a) Guru: Perlu diadakan telaah lebih lanjut dalam penerapan kurikulum2013 dan analisis RPP: Solusinya guru dituntut profesional, RPP harus disiapkan terlebih dahulu sebelum pembelajaran dilaksanakan. Solusi guru dalam menyusun RPP guru harus terlebih dahulu mengkaji dan memahami komponen RPP; b) Pelaksanaan pembelajaran: Solusinya guru perlu menerapkan metode, strategi dan sumber belajar yang bervariasi dan solusi masalah siswa guru perlu meningkatkan keprofesionalannya dalam mengajar; c) Sistem penilaian: Sekolah lebih aktif mengupayakan kelompok kinerja guru dalam mengadakan workshop; d)Sumber belajar: Memanfaatkan media sumber belajar buku paket kurikum 2013 buku guru dan siswa, guru perlu meningkatkan inovasi-inovasi pembelajarannya sehingga sarana prasarana yang tersedia juga akan bermanfaat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Permasalahan, Kurikulum 2013, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Apr 2019 10:22
Last Modified: 30 May 2023 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum