HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL

AMANNASRULLAH AMIN, NIM. 14480012 (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480012_BAB-I-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF PESERTA DIDIK KELAS ATAS SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Guru sebagai pendidik dituntut memiliki kompetensi sosial. Oleh karena itu, guru harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, orang tua, tetangga dan teman seprofesi. Sementara itu, interaksi edukatif meniscayakan kemampuan komunikasi yang baik dari guru dengan peserta didik. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mengkaji secara langsung tentang hubungan kompetensi sosial guru dengan interaksi edukatif dalam perspektif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Seberapa tinggi kompetensi sosial guru SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul (2) Seberapa kuat interaksi edukatif peserta didik SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul (3) Hubungan kompetensi sosial guru dengan interaksi edukatif peserta didik SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi korelasi. Populasinya adalah seluruh kelas atas dan wali kelas SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, artinya seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data utama menggunakan angket atau kuesioner yang terlebih dahulu divalidasi oleh ahli, lalu pengumpulan data sekundernya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data angket dihitung menggunakan statistik parametrik untuk memperoleh data yang diinginkan, lalu dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov. Setelah dilakukan uji prasyarat analisis dilakukan pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta mayoritas pada kategori cukup/sedang. Dan hasil pengukuran interaksi edukatif peserta didik kelas atas di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta mayoritas pada kategori cukup/sedang. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kompetensi sosial guru terhadap interaksi edukatif peserta didik. Dengan menggunakan teknik pengujian korelasi product moment yang dibantu dengan program perhitungan SPSS 22,00,diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,777. Ini artinya hubungan antara kompetensi sosial guru terhadap interaksi edukatif peserta didik dikatakan kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Interaksi Edukatif, Sekolah Dasar Islam Terpadu, Kelas Atas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 11:13
Last Modified: 05 Apr 2019 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum