EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DISERTAI MEDIA KARTU PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MI AL MA’ARIF TAMBAKREJA CILACAP

HASANUDIN, NIM. 14480029 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DISERTAI MEDIA KARTU PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MI AL MA’ARIF TAMBAKREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DISERTAI MEDIA KARTU PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MI AL MA’ARIF TAMBAKREJA CILACAP)
14480029_BAB I, BAB V.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DISERTAI MEDIA KARTU PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MI AL MA’ARIF TAMBAKREJA CILACAP)
14480029_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe make a match disertai media kartu permainan domino matematika dengan siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe make a match tanpa disertai media kartu permainan domino matematika, dan 2) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe make a match disertai media kartu permainan domino matematika terhadap hasil belajar siswa kelas II MI Al Ma’arif Tambakreja Cilacap. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Ma’arif Tambakreja Cilacap yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda berupa soal pre test dan post test yang telah melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji statistika non parametrik yaitu uji Mann-Whitney dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe make a match disertai media kartu permainan domino matematika dengan siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe make a match tanpa disertai media kartu permainan domino matematika. Hal ini dibuktikan dari analisis uji Mann-Whitney data post test diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,002 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Hasil uji efektivitas menggunakan uji gain score diperoleh Sig.(2-tailed) = 0,041 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya pembelajaran kooperatif tipe make a match disertai media kartu permainan domino matematika teruji lebih efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian. Peningkatan nilai ditunjukan oleh nilai rata-rata pre tes post test, kelas eksperimen semula mendapat nilai 66,11 menjadi 78,89 meningkat 12,78, sedangkan kelas kontrol semula mendapat nilai 58,53 menjadi 62,65 meningkat 4,12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maemonah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Media Kartu Permainan Domino Matematika, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 14:34
Last Modified: 05 Apr 2019 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum