PENDIDIKAN BERBASIS KEMANDIRIAN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA

RETNO AYU NAWANG SARI, NIM. 14410199 (2018) PENDIDIKAN BERBASIS KEMANDIRIAN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BERBASIS KEMANDIRIAN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
14410199_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BERBASIS KEMANDIRIAN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA)
14410199_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni pendidikan yang ada di pondok pesantren memiliki kelebihan dalam mendidik kemandirian peserta didik, mendidik kemandirian anak sangatlah penting dalam kehidupannya kelak untuk menghadapi kehidupan yang akan datang. Dalam dunia pendidikan, kemandirian merupakan tujuan utama dalam mencapai suatu sistem pendidikan yang baik, oleh karena itu pondok pesantren merupakan tempat yang cocok untuk melatih kemandirian anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian filed research. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan pemeriksaan terhadap sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pendidikan kemandirian di pondok pesantren ibnul qoyyim putri terwujud dengan adanya 3 aspek kemandiriann yaitu keteladanan, teori dan praktik, dan gotong royong, 3 aspek tersebut terlaksana dengan adanya modal dasar seperti spiritualitas, intelektualitas dan profesionalitas dan tujuan kemandiria agar santri dapat bertanggung jawab serta dapat melatih santri agar lebih disiplin dalam membagi waktu. 2) Penerapan konsep kemandirian dalam pelaksanaan pendidikan di pondok pesantren ibnul qoyyim putri yaitu adanya suatu sistem managemen berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan penggerakan, dan pengontrrolan/controlling. Dalam pelaksanaan konsep kemandirian disamakan dengan visi yang ada di pondok pesantren dan melakukan beberapa upaya seperti mengembangkan proses belajar yang demokratis, memberikan motivasi kepada santri agar berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan dan berbagai kegiatan sekolah atau asrama, memberikan kebebasan terhadap santri untuk mengeksplorasi lingkungan dan mendorong rasa tahu mereka, penerimaan positif tanpa syarat kelebihan dan kekurangan pada santri, dan menjalin hubungan yang harmonis dan akrab terhadap ustad/ustadza maupun teman yang lainnya. 3) Dampak penerapan konsep kemandirian dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an yaitu konsep kemandirian sangat berpengaruh terhadap tingkat karakteristik kepribadian santri baik dalam pembelajaran maupun kehidupan pribadi, konsep kemandiriann juga berpengaruh terhadap jumlah hafalan yang ingin dicapai santri, konsep kemandirian juga berpengaruh pada pembimng untuk menentukan metode yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kemandirian, Pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Apr 2019 14:53
Last Modified: 05 Apr 2019 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum