PENUMBUHAN BUDI PEKERTI MELALUI INTERAKSI SOSIAL POSITIF GURU – PESERTA DIDIK UNTUK KELAS ATAS DI MIN 1 YOGYAKARTA

RAHMAD ANDRIANTO, NIM. 14480044 (2018) PENUMBUHAN BUDI PEKERTI MELALUI INTERAKSI SOSIAL POSITIF GURU – PESERTA DIDIK UNTUK KELAS ATAS DI MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENUMBUHAN BUDI PEKERTI MELALUI INTERAKSI SOSIAL POSITIF GURU – PESERTA DIDIK UNTUK KELAS ATAS DI MIN 1 YOGYAKARTA)
14480044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENUMBUHAN BUDI PEKERTI MELALUI INTERAKSI SOSIAL POSITIF GURU – PESERTA DIDIK UNTUK KELAS ATAS DI MIN 1 YOGYAKARTA)
14480044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengungkapkan penumbuhan budi pekerti melalui interaksi sosial positif guru - peserta didik untuk kelas atas di MIN 1 Yogyakarta. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penumbuhan budi pekerti melalui interaksi sosial positif guru - peserta didik untuk kelas atas di MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dengan pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data studi kasus berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumbuhan budi pekerti melalui interaksi sosial positif guru dengan peserta didik di MIN 1 Yogyakarta menggunakan beberapa macam yaitu : (1) kerjasama antara guru dengan peserta didik (2) keseimbangan interaksi antara guru dengan peserta didik (3) usaha untuk mengurangi masalah. Selain itu peneliti juga menemukan beberapa strategi yang digunakan dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik MIN 1 Yogyakarta yaitu (1) menjadi guru yang dapat dicontoh (2) teguran langsung (3) membimbing peserta didik secara intensif (4) pengkondisian lingkungan (5) pembiasaan positif. Semua hal tersebut bisa terwujud karena didukung dengan adanya beberapa faktor diantaranya (1) dukungan dari orang tua (2) sarana prasarana sekolah yang memadahi (3) pembiasaan di sekolah. Meskipun begitu tentunya ada faktor yang menghambat dalam menumbuhkan budi pekerti di MIN 1 Yogyakarta yaitu lingkungan yang kurang kondusif di keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Penumbuhan Budi Pekerti, Peserta Didik, Interaksi Sosial Positif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 14:53
Last Modified: 05 Apr 2019 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum