PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV B MI MUHAMMADIYAH JIMBUNG KALIKOTES KLATEN

ERNIS TRI PRIYANA, NIM. 14480047 (2018) PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV B MI MUHAMMADIYAH JIMBUNG KALIKOTES KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV B MI MUHAMMADIYAH JIMBUNG KALIKOTES KLATEN)
14480047_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV B MI MUHAMMADIYAH JIMBUNG KALIKOTES KLATEN)
14480047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian itu untuk mengetahui penggunaan media tangram matematika materi bangun datar di kelas IV B MI Muhammadiyah Jimbung, mengetahui hasil belajar matematika materi bangun datar setelah menggunakan media tangram pada kelas IV B MI Muhammadiyah Jimbung, dan mengetahui kendala saat penggunaan media tangram matematika materi bangun datar kelas IV B MI Muhammadiyah Jimbung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan media tangram matematika materi bangun datar kelas IV B MI Muhammadiyah Jimbung; 2) Bagaimana hasil belajar matematika materi bangun datar setelah menggunakan media tangram kelas IV B MI Muhammadiyah Jimbung; dan 3) Apa kendala dalam penggunaan media tangram matematika materi bangun datar kelas IV B MI Muhammadiyah Jimbung. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi berupa catatan lapangan pelaksanaan pembelajaran, sedangkan hasil belajar peserta didik menggunakan lembar tes. Adapun analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Penggunaan media tangram adalah dengan cara mengambil 2 atau lebih potongan tangram dan membentuk potongan tersebut menjadi bangun datar lain; 2) Hasil belajar matematika materi bangun datar menggunakan media tangram ini mengalami peningkatan. Persentase peningkatan ketuntasan dari pra siklus ke siklus II adalah 53,75% dengan jumlah 16 peserta didik yang mendapat nilai tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus II; dan 3) Kendala pada proses pembelajaran menggunakan media tangram ini adalah ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam penggunaan media tangram dan ada peserta didik yang menggunakan media tangram untuk bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: media tangram, hasil belajar, matematika materi bangun datar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 15:02
Last Modified: 05 Apr 2019 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum