ANALISIS POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENUMBUHKAN EFISIENSI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO II WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

ITSNANI NUR HAMIDAH, NIM. 14480067 (2018) ANALISIS POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENUMBUHKAN EFISIENSI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO II WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENUMBUHKAN EFISIENSI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO II WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
14480067_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS POLA INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENUMBUHKAN EFISIENSI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO II WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
14480067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Peserta didik kelas V di MI Ma‟arif Giriloyo II memiliki karakteristik dan sifat yang sangat bervariasi. Beberapa peserta didik ini memiliki sifat temperamental, sangat pendiam, sukar bersosialisasi, senang mengganggu teman, dan lain-lain, sehingga berpengaruh pada penyerapan pembelajaran dan pembelajaranpun belum berjalan secara efisien. Belajar dengan gangguan-gangguan yang ada di dalam kelas akan sangat berpengaruh pada penerimaan materi dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pola interaksi edukatif dalam pembelajaran tematik di kelas V MI Ma‟arif Giriloyo II, (2) mengetahui pola interaksi edukatif dalam menumbuhkan efisiensi pembelajaran tematik di kelas V MI Ma‟arif Giriloyo II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif interakif yang merupakan studi mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas V, guru kelas V, dan kepala madrasah MI Ma‟arif Giriloyo II. Hasil penelitian antara lain: (1) guru menerapkan lima pola interaksi edukatif, yaitu pola komunikasi sebagai aksi, pola komunikasi sebagai interaksi, pola komunikasi sebagai interaksi antar peserta didik, pola multi arah, dan pola melingkar. (2) guru menerapkan pola 4 (pola komunikasi sebagai transaksi atau multi arah) adalah pola yang paling efisien pada pembelajaran tematik serta memanfaatkan penguasaan materi dan medote pembelajaran dengan didukung bakat serta sikap mental guru dan didukung dengan fasilitas yang memadai sehingga dapat menumbuhkan efisiensi belajar pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd, Si.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Efisiensi Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:02
Last Modified: 05 Apr 2019 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34392

Actions (login required)

View Item View Item